Sunday 10 August 2014

Perbaikan tv polytron 123 (sub wofer)

Perbaikan tv polytron seri 123 

Tv polytron seri 123 ini serupa dengan yang saya tangani sebelumnya hanya saja kerusakannya berbeda . Power sulplynya juga menggunakan smps dengan fet fs7um.
Gejala awal tv ini jika dihidupkan hanya lampu led standby yang nyala itupun redup sekali. 

Dalam proses perbaikan setelah tutup belakang saya buka ..Wouw ! komponen pada pcb tidak terlihat saking tebalnya kotoran debu , mungkin saking lamanya tidak dibuka( diservice).

Bersihkan dulu dari kotoran dan debu yang menempel biar enak dilihat dan pengecekkan dalam perbaikannya.
setelah bersih barulah cek secara visual sudah terlihat satu persatu ketidakberesan pada bagian power suply, vertikal dan blok horisontalnya elco banyak yang kembung dan karatan pada bagian kaki bawahnya.

Penggantian komponenpun dilakukan namun tidak saya sebutkan satu persatu karena cukup banyak juga elco yang aus, yang jelas pada area regulator, pum up vertikal , filter 180 v. juga elco B+ dan elco utamapun tidak luput dari penggantian( elco paling besar). 
Wah..borongan nih, gumamku. belum lagi ditambah solder ulang hehe..

Setelah penggantian dan solder ulang dilakukan, tv dites dulu colokkan mak..clep! switch on dan start mak..klik! 
tv ada respon sekarang mak..ndhut! layar juga terbuka coba lihat gambar antena dicolokkan mak clep! gambar sudah keluar tapi layar bagian atas kurang lebar , masuk ke servise mode sesuaikan nilainya ( v- size nilai 41 turunkan ke setengahnya nilai 21)tvpun sudah normal kembali. gambar kelihatan cling-cling-cling! hehehe..

Alhamdulillah..kelar juga akhirnya.
...kalau sudah rejeki tak kemana.

No comments:

Post a Comment