Thursday 11 September 2014

Perbaikan kipas angin

Kipas model A (misal)
Atau model B (misal)
Pada dasarnya (definisi)kipas angin adalah energi listrik yang diubah menjadi energi gerak, pada sebuah kipas angin listrik ada yang namanya motor penggerak atau kita kenal dengan sebutan motor listrik. 
yang ciri-cirinya mudah kita kenali yaitu yang ada gulungan kawat emailnya.
atau ciri lain sebuah motor kipas yaitu yang porosnya atau as terpasang baling-baling kipas, itulah motor listrik yang dimaksud dimana terjadinya proses perubahan energi listrik menjadi energi gerak.
Sumber tegangan listrik arus AC (bolak-balik) mengalir melalui kawat email yang digulung atau dililitkan pada (kern)yang terbuat dari besi lunak sehingga terjadilah induksi yang menimbulkan magnet pada kumparan kern tersebut.

 magnet yg mempunyai gaya tolak menolak antàra kutub satu dengan yang lainya sehingga menjadi daya putar secara periodik.
daya putar itulah yang dimanfaatkan untuk menyedot atau meniup angin dengan dipasang baling-baling kipas pada as atau porosnya, untuk menyedot atau meniup sesuai kebutuhannya. 

Model-model kipas angin bermacam-macam diantaranya yang sering kita jumpai pada rumah tangga adalah kebanyakan untuk pendorong atau peniup angin.
itulah ulasan singkat mengenai kipas angin.

..seperti contoh kipas yang sedang saya tangani ini jenis peniup angin bertegangan AC.220 V. kipas ini mengalami kerusakan pada spul (gulungan)nya. 
Pada posting sebelumnya saya pernah membahas zenntronic:perbaikan kipas angin cosmos.
  Setelah perbaikan spul kipas selesai kedua kipas model diatas sudah berfungsi kembali.
wah....nggak jadi dirongsokin nih...hehehe..
 Alhamndulillah.......
Kalau sudah rejeki tak akan kemana.

No comments:

Post a Comment