Wednesday 3 September 2014

Perbaikan mesin cuci dua tabung.

Mesin cuci dua tabung panasonic dengan type NA-W60B. seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:

Mesin cuci ini kerusakannya yaitu pada bagian proses pengeringanya(spin) , atau tepatnya kerusakan pada motor pengeringnya, mesin ini sebenarnya masih bisa digunakan untuk mencuci tapi tidak bisa mengeringkan atau spin-nya tidak bisa digunakan akibat motor listriknya mengalami kerusakan.

Saya buka tutup belakang mesin untuk melepas motor listriknya, setelah melepas langsung saya periksa dengan avometer  pada jalur spull nya atau gulungannya. Setelah memastikan bahwa spull nya yang rusak atau putus, lalu periksa lebih lanjut kalau-kalau masih bisa disambung atau diperbaiki lagi.
..tapi saya belum beruntung kali ini ternyata putusnya spull tadi akibat terjadi short atau konslet yang mengakibatkan lapisan kawat email sekitarnya gosong dan rusak, maka mau tidak mau harus melilit ulang dengan kawat yang baru, kalau memilih mengganti motornya satu set yang tinggal pasang sebenarnya juga bisa, ya tentunya dengan modal yang lebih pula.
tergantung mau pilih yang mana , yang tentunya atas persetujuan empunya mesin yang diperbaiki.

..Luncuran ketoko terdekat dikotaku untuk mendapatkan beberapa Ons saja kawat email untuk mengganti spull motor pengering yang rusak tadi.
Setelah kembali dari luncuran dan membawa oleh-oleh yang dicari tadi langsung lanjutkan perbaikan , sekalian capeknya batinku .
Setelah selesai proses perbaikan langsung dicoba dan motor listrik pengering sekarang sudah normal kembali.
Dan empunya datang untuk melihat sekalian mengambil setelah sebelumnya saya beritahu melalui SMS.  ...sang empunya mesin sudah senyum-senyum kembali, berbeda saat kemarin waktu beliau mengantar mesinnya kerumah.
Saya jadi GR nih,...ada apa dibalik senyumannya.....hehehe...

Alhamdulillah............kalau sudah rejeki tak akan kemana.

No comments:

Post a Comment