Sunday 7 September 2014

service tv digitec sumo

Ada tv digitec sumo typenya DM-2040.DAW. tv ini sebenarnya statusnya telah ditelantarkan sama pemiliknya alias dibiarkan begitu saja tergeletak disamping rumahnya,awalnya hanya iseng ingin memanfaatkan tabung CRT nya kalau-kalau masih bisa , yah..namanya saja barang afkir menurut mantan empunya tv ini. Setelah dibawa kerumah untuk diperiksa, ternyata tabung crt masih oke, mesin terlihat sangat kotor dan berdebu juga sebagian sudah berkarat.

 Lalu tv coba dibersihkah dulu terlihatlah tulisan type komponen yang dipakai yakni ic croma tda 8361, ic program M3721-1M2-503SP. ic vert.tda 3653.C, setelahnya itu dicoba dengan dengan memasang kabel power kejala-jala PLN. mak...clep!, lalu coba distart mak..klik!, ternyata tv masih bisa respon mak..ndhut!, dibarengi suara mak..crrrrrrrrrttt!....  pada flaybacknya teg. tingginya nyembur keluar kesegala arah pada karet cop fbt bagian atas tabung. Analisa pertama kemungkinan FBT sudah tidak normal atau benar-benar rusak. 

 Kelihatannya tv ini mesinnya masih bisa juga di perbaiki,...batinku.
Lalu mesinpun saya periksa juga ceck sana sini ternyata banyak juga kaki-kaki komponen yang sudah berkarat terutama pada bagian power suply-nya(dilingkari warna hijau). Fbt dengan type FCM 2015 HE.juga sudah rusak saya cabut dari tempatnya ternyata saya tidak ada stock dan terpaksa dimodif dengan merk lain 154-177B dengan menyesuaikan pin-nya (dilingkari warna kuning).
Dilanjutkan penggantian elco-elco lokasi ic croma yang aus dan kakinya berkarat. Setelah penyolderan ulang dan penggantian komponen- komponen tersebut tv sekarang saatnya dites kembali. Dan tv yang tadinya ditelantarkan ini dengan sedikit polesan yakni mengganti FBT, elco,dan dua buah speaker, sekarang tv digitec ini tampak lebih cantik bisa dilihat dan normal kembali,..yang jelas tv ini jadi berharga kembali.
Tv jadi cantik seperti yang terlihat pada gambar diatas,...hehehe...

Alhamdulillah....kalau rejeki memang tak kemana.

10 comments:

  1. Mantap gan share nya.tv saya sama persis ,lagi nyari playback 'a.pin fbt yg cocok buat tv ini apa aja gan?

    ReplyDelete
  2. Good Job Bro.....tukang servis harus banyak akalnya alias ngakalinya, barang rusak yg dianggap rongsokan , disulap jd OK...!

    ReplyDelete
  3. Kang,
    Tv Digitec sumo saya juga pertamanya gitu kang.
    Mati total, setelah saya ganti Tr BUT12Anya menjadi D1885 LED tvnya kedip2 dan speakernya bunyi Dup2,
    Tapi layarnya ngga idup sama sekali. Kira2 apanya yang rusak kang? Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  4. gank tv digitec saya DM2070,hidup tp layarnya gelap,filament tabung g nyala,teg 115v,180v,12v,24 ad,mohon solusi gank

    ReplyDelete
  5. gank tv digitec saya DM2070,hidup tp layarnya gelap,filament tabung g nyala,teg 115v,180v,12v,24 ad,mohon solusi gank

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika teg 115v,180v,12v,24v sdh ada semua ...coba check Resistor pembatas yg mrnuju heater...bs jd teg blm sampai ke filamen heaternya..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  6. Mas saya ada garapan tv digitec sumo.. problem ada pada bagian vertikal nya gejala garis horisontal kedip kedip.. tegangan input ic tda 3653c nya normal 24v. Output nya drop 7v.. ada bunyi diiringi kedipan layar.. tp lama2 bunyi hilang dan layar terbuka normal tegangan output normal jd 14v.. tp kalau di matikan sampai dingin lalu di nyalakan problem kembali lagi terulang.. kira2 apa nya ya mas?

    ReplyDelete
  7. ..resorder dulu bag ic vert dan sekitar...cek elco output masih oke gk,...elco sekitar ic croma, ...cek juga defleksi ...mudah2an sembuh problemnya.

    ReplyDelete