Monday 27 October 2014

Perbaikan tv LG mati stand by.


Tv LG seperti model diatas mempunyai keluhan dari sang pemilik jika dihidupkan seperti mau start tapi balik lagi kestandby berulang-ulang terus menerus.
Setelah saya coba sendiri ternyata benar keadaannya, ini menandakan bahwa ketika akan start ada beban berat yang diakibatkan kerusakan pada area beban.
 
Tv model ini memakai FBT BSC26-2121(N). STR F6654.  Croma 8823 CPNG5PB7. danTR hor. body kecil D2627./D2012./MD1803DFP.(npn).

Perburuan langsung saya mulai dengan open beban terlebih dahulu.
Pertama beban defleksi coba lepas dulu socketnya test sebentar tapi problem masih sama saja, terus coba sedot pin Tr horisontal D2627 lalu saya tes lagi  ternyata sudah mau start dan tidak bolak-balik ( start-stanby) terus menerus,
tentunya layar pada tv belum nyala karena tr horisontalnya belum diganti.

Sudah ketemu biangnya yakni tr D2627 (body kecil) yang sudah hidup segan mati tak mau, langsung angkat saja dari tempatnya.
Cari-cari penggantinya diwadah stock transistor sudah nggak ada, yang ada tinggal D2012 dan MD 1803DFP ( NPN). ya sudahlah saya ganti saja dan setelah selesai langsung tv saya coba kembali untuk melihat hasilnya. Kabel power saya colokkan kestop kontak mak...clep!.......switch power saya pencet mak....klek!....disusul mak..ndhut!, ......lalu(P+ )tekan mak....klik!...disusul suara Craaak!....layarpun Byaaaaar.
Kabel antena dipasang keposisinya untuk mengamati gambar dan suaranya.

Alhamdulullah......tv LG kini sudah bisa ditonton lagi.
...hemmm,..kalau sudah rejeki tak akan kemana.

Untuk problem tv LG type lain baca saja halamanyang ini.

3 comments:

  1. Gan tv ane 21 inch lg fx4ag mati lampu standby kedip kedip kapasitor dah diganti bagian regulator nya.minta arahan nya gan

    ReplyDelete