Saturday 4 October 2014

Tv Sharp Alexander tiba-tiba mati sendiri.


Tv Sharp Alexander type 21PXF500. Hari ini gantian pingin naik kemeja kerjaku seperti pada gambar diatas, untuk power suplay-nya tv ini menggunakan STR W6754. FBT-nya JF0501-3260l, tv tersebut mempunyai keluhan siempunya tv yakni saat sedang distel tv tiba-tiba mati sendiri. setelah itu tv tidak bisa dihidupkan lagi alias mati total.

Perbaikan tv sharp sebelum ini type 51DXF200. dapat di baca disini.

Beda keluhannya dengan tv sharp yang sedang saya tangani ikuti jalan ceritanya dibawah ini.
tutup belakang tv saya bongkar untuk melakukan pemeriksaan , bermodal keluhan dari empunya tv tadi, fillingku juga langsung mengarah kebagian power suply dalam pemeriksaannya. Disini satu komponen terlihat ketidak beresan pada fisik elco kecil yakni pada C709=1uf/50v dalam keadaan aus ,  juga sebuah resistor yang nilainya molor karena panas pada area power suplynya.
Lalu pemeriksaan dilanjutkan kebagian-semua filter untuk  B+nya.
satu lagi ketangkap C829=47uf/16v.

Setelah penggantian komponen yang dicurigai dan yang memang sudah rusak tadi, sekarang tinggal melakukan pengetesan dulu tvnya, sambil melihat hasilnya.
steaker saya colokkan kejala-jala listrik PLN...mak clep!,...pencet tombol power mak klek!....lalu coba distart P+ mak klik!...tvpun merespon mak ndhut!....dibarengi suara Craak!...Byaaarr....layarpun terbuka.
raster bermunculan seperti semut sedang berebut gula, melihat bagaimana hasil gambarnya saya colokkan kabel antena ke tempatnya mak...clep!,...gambarpun sudah nongol normal kembali.

Alhamdulillah........cepat kelar kerjaanku hari ini,.....kalau sudah rejeki tak akan kemana.

4 comments:

  1. Pak, maaf mau tanya, nilai/warna resistor yang dekat power supply karena di artikel Bapak tidak ditulis. Kebetulan juga resistor tersebut jatuh di jalan waktu mau beli di toko. Jadi tidak tahu sama sekali. Kalau Bapak ada skema tv-nya juga tolong di upload ya Pak.

    Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  2. Kalo di tv saya tadinya fbt nya rusak setelah diganti ternyata tampilan osd nya gk normal besoknya tv protek layar biru .kira kira masakahnya dimana itu

    ReplyDelete
  3. Pak tv sayatibatiba matisendiri tapi lampu setenby nyala setlahdihidupkanlagi nyala gris hori sontal tapi mati lagi

    ReplyDelete
  4. ..Chek dulu bagian yg berkaitan dengan vertikal..Jalur ,VCC, IC, Output , dst..

    ReplyDelete