Tuesday 30 December 2014

Perbaikan tv polytron bazzoke.


Tv polytron model lawas ini menggunakan ic program Zilog HBI-00-02, Croma TDA 8361, Vert TDA 3653C, Hor D1877, ic sound TDA 2030.

Gejala awal tv ini atau problemnya yakni mati total.
pengecekkan langsung dilakukan pada area power suply-nya ternyata tv ini sudah pernah mengalami modifikasi bagian power suply-nya.
Power regulator penggantinya tempatnya sudah pada PCB yang terpisah , lalu pcb angkat dari tempatnya dan lakukan pemeriksaa dan perbaikan , kerusakan pada  vr adjust B+ dan elco nilai 220uf /400v , cek tr BU 12A masih normal. Setelah selesai penggantian komponen yang rusak pada power suply kemudian tes tvnya dan sekarang power indicator sudah nyala merah lalu Cek B+ 110v nya sudah normal kembali.
Power regulatornya sudah beres lanjutkan coba start tv tapi belum mau hidup juga, lanjutkan lagi penggantian elco-elco filter tiap titik B+nya juga elco pada oscilator hor-nya.

Penggantian selesai langsung tes kembali untuk melihat hasilnya, ternyata sekarang tv mau start lagi mak....craak!,..dan byaaarrr!!. Logo polytronpun muncul pada layar tv. Lalu bagaimana hasil gambarnya lihat dulu sambil colokkan kabel antena keposisinya mak....Clep! gambarpun nongol pas cantik lagi......hehehe.

Alhamdulillah....kelar satu lagi tugasku hari ini.

Problem-problem tv polytron yang lainnya bisa baca yang ini.


No comments:

Post a Comment