Sunday 28 December 2014

Servise tv LG layar hanya garis mendatar.


Tv LG ini menggunakan ic program LG8993-29B, croma TB1238BN, memory 24C04, ic vert.LA7833, dan FBT 6174z
-8005c atau 6174v-6002u (C-180v-B+110v-Gnd-NC-24v-Gnd-Abl-H-Afc) 
atau juga bisa pakai 6174z-6040c dengan catatan modif sedikit untuk vcc vertikalnya karena fbt ini vcc vertikalnya -14dan +14v saja, jadi harus disesuaikan teganganya. Letak posisi dan fungsi pin-nya sama tidak harus memotong dan membelokkan arah untuk menyesuaikan fungsinya, beda jika memakai fbt type 154- 177B. bisa juga tapi agak ribet dan resiko bagi yang belum paham benar masalah fungsi pin FBT.

Dari gejala kerusakan tv seperti pada gambar diatas, melihat dari tampilanya sudah tentu ada problem pada bagian vertikalnya, atau itu bisa dijadikan acuan sebagai dugaan kerusakan sementara sebelum dilakukan pengecekan lebih lanjut, namun kadang penyebab kejadianya bisa bermacam-macam.

Setelah dilakukan pengecekan pada titik teg.B+nya 110v drop hanya tinggal 96v, lalu di titik yang lainnyapun ikut drop juga, pada bagian vertikalnya vcc yang seharusnya 24v hanya 13v saja. ini mungkin karena akibat B+ 110v nya drop maka otomatis bagian vertikal ikut drop.

Perburuan koruptor teganganpun dimulai dari bagian skunder reg power suplaynya untuk teg 110v tadi yang drop. Ternyata biangnya cepat tertangkap juga yakni elco untuk B+110vnya mulai aus, walau dari fisiknya kelihatan masih bagus alias tidak tampak kembung atau kelihatan ada kelainan.
Col tr hor sedot dulu solderannya ukur lagi B+110v sekarang setelah Col diopen jadi naik sedikit dari 95v menjadi 103v.
Setelah penggantian elco B+110v jadi normal lagi, lalu dengan beban lampu 100w nyala agak terang.

Lampu telah memberikan indikasinya dan perburuan sekarang konsentrasi keFBT, tapi tidak mau berlama-lama langsung coba ganti pakai FBT yang masih baru. dan lagi-lagi lampu memberi tahu lewat nyalanya, tapi kali ini redup.
Sudah yakin oke lalu pasang dan solder lagi Col tr horisontal yang di open tadi lalu test tvnya. 
Terdengarlah suara yang tidak asing lagi dan ditunggu tunggu....
mak...ndhut!....disusul suara craaaaak!,.....byaaaaarrr!!,  layarpun tidak menyepit lagi. Lalu colokkan kabel antena ketempatnya mak!...clep!...gambarnyapun nongol lagi setelah berjam-jam ngumpet entah kemana saja...hehehe....

Alhamdulillah....cepat kelar kerjaan hari ini, kalau rejeki tak akan kemana.

Kesimpulan:
* problem pada awalnya diduga pada       vertikal karena layar tampak seperti         gbr.1 diatas, ternyata diakibat vcc             ic vert drop dan yang menyebabkan       masalah karena induktor pada fbt  yang nilainya berubah atau rusak.
* elco-elco B+ mulai pada aus.
* bagian vertikal sebenarnya oke saja
   hanya kena imbas dari teg 110v yang drop.

Catatan:
* ketelitian dan kejelian dalam menganalisa ternyata bisa menjadi rem yang cukup pakem agar tidak kebablasan ketika menganalisa sebuah problem pada tv.
* Hindari menvonis kerusakan sebelum melakukan pemeriksaan!!.

Problem lain tv LG baca yang satu ini.

4 comments:

  1. Gan tv ane lg 29 inchi slim play back. Tiba2 layar nya menyempit di kiri dan kanan gan. Kira2 apa nya itu gan? Maklum ane mau belajar buat kebutuhan sendiri gan. Makasih agan

    ReplyDelete
  2. Lam knl gan,... maksudnya kurang lebar atau melengkung kiri kanan?
    Kl kurang lebar dikit bs adjust lewat menu servise tp kl melengkung coba cek sirkit EWnya, smg membantu.

    ReplyDelete
  3. Salam knl bang...tv saya avante 14 in kerusakannya persis seperti gambar di atas. saya sudah ganti elco udh ganti resistor. semua yang berhubungan dengan vertical termasuk ic vertical sudah saya ganti.kok gambarnya tetep seperti gambar diatas hanya garis datar aja..! tolong bantuannya bang..! trimakasih

    ReplyDelete
  4. cek vcc yg ke ic vertikal apakah sudah sesuai yg dibutuhkan ? misal 24v /26 v,..tergantung type tvnya.

    ReplyDelete