Thursday 18 June 2015

Problem power suplay tv china.


Adakalanya tv tertentu kondisi bagian dalamnya atau mesinnya sudah diganti dengan mesin tv cina yang tersedia dipasaran, entah apa alasannya saya sendiri kurang tahu yang jelas tv yang diantar kemeja kerjaku kondisinya sudah begitu, ya mau tidak mau harus memperbaikinya apa yang ada.
Problem pada mesin tv ini yang kerap penulis tangani biasanya akibat over heat pada bagian tertentu, misal area reg power suply, vertikal,horisontal, dan tidak menutup kemungkinan juga pada area yang lainnya.

Kebetulan problem tv yang sedang saya tangani ini terletak pada bagian power suplynya, ini sering saya temui pada mesin sejenis , mungkin karena kualitas komponennya yang kurang kualitasnya dibanding mesin bawaannya. Ini bisa dimaklumi juga karena harga chasis ini juga sangat terjangkau, jadi wajar saja ada sisi yang dikurangi.

Penulis disini bukan ingin membahas kualitas satu dengan yang lainnya, tetapi hanya akan berbagi trik yang penulis lakukan dalam menyiasati agar mesin tv cina bisa lebih awet jika digunakan sebagai pengganti mesin orinya.
yang tentunya dengan alasan tertentu,
misal chasis yang lama tidak bisa dipertahankan, kelangkaan suku cadang,biaya repaire yang tinggi,
Atau mungkin dalam kondisi tertentu terpaksa mengganti dengan chasis tv cina karena faktor lainnya, tapi yang tidak kalah pentingnya adalah atas persetujuan empunya tv.
jika penggantian mengharuskan untuk dilakukan maka hal yang perlu diperhatikan (versi penulis) yakni antaranya:

* Ganti pada komponen yang dilingkari pada gambar diatas dengan kualitas yang bagus. Penyearah, regulator, dan filter.
* Gunakan elco filter dengan kualitas yang bagus pada tiap titik reg B+.
elco filter yang kurang bagus kualitasnya akan berpengaruh pada kestabilan reg juga bisa berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan.
* Pastikan teg B+ tidak over , dengan maksud meminimalisir terjadinya over head. gunakan head sink yang lebih tebal dan bersirip.

Selamat mencoba,...bedakan hasilnya sendiri !.

Alhamdulillah...atas segala rizqi-MU, sampai detik ini penulis masih bisa berbagi.
Posting sekian dulu dan mudah-mudahan ini ada manfaatnya.
sukses buat anda !!.

Problem lain masih seputar chasis tv cina baca lanjutan halamanyang ini.









No comments:

Post a Comment