Sunday 7 June 2015

Tv LG bunyi pletek-pletek tidak ada gambar.


Tv ini jika dihidupkan hanya bunyi pletek-pletek seperti suara petasan kecil.
Setelah tutup belakang dibuka untuk diperiksa ternyata bunyi ini berasal dari kabel teg HV FBT yang mengalami kebocoran terhadap ground.
Setelah diamati tv ini sudah pernah ditambal atau ada bekas tambalan pada pangkal body fbt. dan kasus serupa muncul lagi juga pada posisi letaknya  yang sama alias bocor lagi.

Tv ini menggunakan FBT 6174Z-6002U.
Setelah fbt diangkat dari tempatnya 
terlihat dari fisik fbt bekas penggantinya tadi memang bukan yang ori (asli )dan kualitas bagus, mungkin untuk menekan biaya perbaikan agar tidak membengkak juga, tapi ya itu resikonya kualitas yang kurang bagus keawetannyapun juga tentu jadi berkurang.
Terbukti dengan tv ini yang kata empunya Fbt baru diganti sekitar dua bulanan.

Cari komponen yang ori ditoko terdekat (didaerah kami)memang masih agak susah dan memang mengenai harga juga tentu lebih mahal.
hingga terkadang mengganti komponenpun hanya dengan spec yang sama, kualitas terkadang nomor dua terpaksa begitu karena minimnya pilihan kualitas tadi. sehingga komponen yang digunakan juga yang ada atau umum tersedia dipasaran. inilah masalah non teknis bagi tukang repaire tv yang jauh
dari kota besar.

Problem sudah diketahui sekarang ada dua opsi untuk langkah perbaikan:
1) Mengganti dengan type yang sama 
     tapi bukan yang ori. bisa langsung 
     pasang (6174z-6002u). 
     dan mengenai keawetan biasanya            mengikuti harga.
2) Mengganti dengan yang ori tapi 
     sedikit modif karena type sedikit ada
     perbedaan nilai pada pin nya 
     (6174z-6040c).
     Fbt ori keawetan bisa diandalkan.

Untuk problem fbt tv LG yang sedang saya tangani diatas saya memakai opsi yang kedua dengan menggunakan komponen ori tv LG, namun type fbt tidak sama yakni fbt LG type 6174Z-6040C. untuk mengganti fbt 6174Z-6002U tadi yang type samanya tidak saya dapatkan.
Pin fbt bawaan 6174z-6002u :(C/ 185v/ B+115v/ Gnd/ NC/ 26v/ NC/ ABL/ H/ AFC).
Pin fbt pengganti6174z-6040c:
(C/ 185V/ B+115V/ Gnd/ -14/ +14/ Gnd/ ABL/ H/ AFC).

sehingga jika memakai fbt 6174z-6040c (ori) dengan sedikit sentuhan modif pada bagian suply yang ke ic vertikalnya.
Setelah melalui serangkaian
ujicoba, modifikasi pun bisa dibilang berjalan sukses, karena sampai postingan ini saya publikasikan modifikasian tadi sudah berjalan kurang lebih satu tahunan dan masih aman-aman saja karena masih dalam pantauan.
Penulis disini berusaha selalu membuat catatan history setiap habis melakukan modifikasi, sehingga hasil modif bisa terpantau sampai batas waktu yang dianggap cukup(versi penulis sendiri)yang tentunya akan memberikan feedback tersendiri bagi penulis.
Untuk masalah modifikasi FBT ini penulis tidak menganjurkan untuk teknisi yang baru dan belum paham benar mengenai FBT, karena bisa beresiko tinggi.

Modifikasi fbt pada tv LG yang problem bunyi pletek-pletek seperti diatas dianggap berhasil(versi saya), ini bisa dijadikan alternatif jika komponen ori dengan type sama tidak didapatkan.
ini cukup bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri.

Alhamdulillah....satu lagi tambahan ilmu diberikan-Nya.
...kalau rejeki tak akan kemana.

Masih seputar problem tv LG baca halaman lanjutan ini..


No comments:

Post a Comment