Thursday 13 August 2015

Mengganti C-Panel tv LED LG.


Bagian-bagian tv LED dan LCD, yang kerap mengalami problem atau kerusakan salah satunya yang cukup lumayan mahal harganya adalah bagian C-Panelnya atau lebih mudah menyebutnya layar tv. Ketersediaan Spare part yang masih sulit didapat untuk berbagai ukuran , toko-toko elektronik terutama dikota-kota kecil belum banyak yang menyediakan komponen tersebut. 
Sehingga dampaknya komponen ini sampai postingan ini saya bagikan harganya masih terbilang cukup mahal(60-80%) dari harga tv barunya. 
Selain masalah suku cadang komponen yang harganya masih relatif tinggi, 
Disisi lainnya ada problem juga bagi konsumen atau sipemilik tv tersebut yang kebetulan tvnya mengalami kerusakan pada C-panelnya, para pemilik tv masih cukup  banyak yang merasa keberatan untuk melanjutkan perbaikan tvnya. Dari pengalaman penulis dilapangan mereka siempunya tv ada yang mundur tetatur dan ada juga yang minta untuk dilanjutkan perbaikan tvnya, ya semua itu kembali ke sipemilik tv itu sendiri, sebagai teknisi hanya sebatas melayani jasa saja.

Selain itu bagian-bagian komponen lain yang juga kerap mengalami kerusakan diantaranya bisa dilihat pada gambar contoh tv LED dinawah ini:

Pada komponen bagian-bagian pada gambar diatas juga kerap mengalami kerusakan.
juga pada komponen bagian dalam yang tidak disertakan gambarnya yaitu pada lampu led backlightnya, komponen ini juga tidak jarang mengalami problem mati atau putus.

Untuk tv yang sedang penulis tangani yakni jenis LED yang mengalami kerusakan pada C-panel yang harus ganti, dan yang kedua mengalami kerusakan pada Main Inverter Boardnya.
setelah penggantian kedua komponen tersebut tv pun kembali sempurna lagi.

Alhamdulillah......akhirnya kelar juga.
kalau rejeki tak akan kemana.

Kerusakan dan problem-problem lain baca halaman berikut ini.

2 comments:

  1. harga panel LED LG nya berapa pak, dan beli dimana?

    terimakasih pak sudah share ilmunya.

    ReplyDelete
  2. ..C-panel atau familyarnya (layar tv) , kl pd hp misal LCD nya.....u/tv mmg cukup lumayan mslh harga kurang lebih 1,2- 1,4 jt an....kl pengen cari browsing aja ms...banyak kok agennya.

    ReplyDelete