Tuesday 25 November 2014

Problem tv LG 21inch layar datar.


Tv LG 21" type : 21FC1AG-TH seperti gambar diatas mempunyai problem kabel teg.tinggi pada flayback mengeluarkan bunyi mendesis atau ngosos dalam bahasa jawanya, serta mengeluarkan semburan kebody tabung, hal ini membuat tampilan pada layar tv menyala tampak putih seperti kilat.

Flayback(FBT) dengan type BSC 26-N2121(N) mengalami kebocoran pada kabel teg.tingginya.
FBT bsc 26-N2121N diatas mempunyai urutan data pinnya adalah 
sebagai berikut:
(1) COL
(2) 180v
(3) B+
(4) Ground
(5) 12v
(6) 26v
(7) Nc
(8) ABL
(9) Htr
(10) AFC.
FBT diatas juga bisa memakai persamaannya adalah 6174-6002.

Yang menjadi catatan saya dalam perbaikan tv ini adalah efisiensi biaya spare part, karena dalam perbaikannya dapat menekan penggunaan spare part seminim mungkin. 
Angkat fbt yang bocor dari tempatnya lalu perbaiki kabel teg. tinggi yang bocor tadi dengan memanfaatkan flayback bekas yang diambil kabel teg.tingginya dengan maksud untuk mengganti kabel fbt yang rusak tadi atau kanibal.

Lalu fbt yang mengalami kebocoran tadi saya gergaji sampai tampak solderanya, dilanjutkan penggantian kabel .
tapi serbuk hasil gergajian dikumpulkan dengan tujuan nantinya dicampur dengan lem untuk menutup kembali lubang yang digergaji tadi bila penggantian kabel sudah dilakukan.
setelah penggantian kabel untuk tegangan tinggi selesai ,jemur atau tunggu lem benar-benar kering lalu pasang fbt kembali pada tempatnya.

Efisiensi spart partpun berhasil , kabel teg. tinggi setelah diganti dengan cara diatas setelah dipasang kembali ternyata fbt masih bisa bekerja normal sesuai fungsinya. kebocoranpun dapat teratasi....hehehe...
Saatnya test tv untuk melihat hasilnya colokkan kabel power kestop kontak AC 220volt mak...clep!..start klik.... mak...byaaaarr!.
tinggal kabel antena colokkan keposisinya juga mak...clep!... gambarpun nongol kembali. nah...begini kan sama-sama enak, empunya tv bisa nonton lagi dan yang dandan juga kebagian rejeki....hehehe.


Alhamdulillah....kalau sudah rejeki tak akan kemana.

problem tv LG type lain dengan kerusakan yang berbeda dapat dibaca dihalaman ini.

No comments:

Post a Comment