Thursday 12 March 2015

Servise tv Digitec musashi led berkedip.


Tv digitec type DM 1415 1E seperti terlihat pada gambar diatas mempunyai problem setelah tv dihidupkan beberapa jam kemudian tv ini akan mati de
ngan sendirinya dengan led pada panel depan berkedip atau tv protek.

Tv ini menggunakan komponen diantaranya: ic power 1A15AX, ic vert LA78040B, Hor C6093, FBT DST- 2010-S96,dengan B+ 115v.
Pemeriksaan penyebab dimulai dengan diawali resolder diarea yang rawan atau sering terjadi retaknya timah pada jalur.
Diantaranya pada area-area power suply reg, vertikal, horisontal dan pada pcb CRT.

Sebelum pemeriksaan dilanjutkan, tv coba dulu beberapa jam lamanya, biasanya dengan langkah atau cara ini tv ada yang bisa sembuh dan normal kembali, jika belum sembuh maka coba dengan mengganti elco horisontalnya biasanya pada tv type ini nilainya 2.2uf/160v.
Pada area reg bagian skunder 2 elco 470uf/25volt.
jika sampai langkah ini belum juga sembuh masalahnya, periksa lagi area HV, bisa diakibatkan TR hor, FBT,atau defleksinya salah satunya mengalami penurunan pada karakteristiknya.
perlu diketahui langkah dalam perbaikan ini bukan teks book hanya berdasarkan keseharian dalam menangani kerusakan televisi mungkin orang bilang berdasarkan pengalaman, itu tergantung bahasanya. 
Namun khususnya bagi saya pribadi cukup efektif dan bisa menyelesaikan problem dalam beberapa jam saja bahkan beberapa menit saja, karena kitapun butuh dan harus berhitung biaya,waktu, tenaga, maupun pikiran.

Okelah kembali ke problem tv yang sedang saya tangani diatas, tv sudah bisa normal kembali dengan mengembalikan nilai B+ yang menurun pada area titik titik b+ (sesuai kebutuhan) dengan mengganti elco filternya.

Alhamdulillah...cepat kelar tugas hari ini.
kalau rejeki tak akan kemana.

Baca juga problem tv digitec type lainya 
pada halamanberikut ini..

No comments:

Post a Comment