Saturday 28 March 2015

Servise tv LG turbo swing layar menyempit.


Tv LG seperti pada gambar diatas, datang diantar kemeja kerjaku dengan problem yakni jika dihidupkan layarnya nyala tapi hanya sebesar bola alias bulat ditengah layar disertai suara seperti petasan yang berasal dari teg tinggi FBT.
Dari gejala kerusakannya dapat diperkirakan bahwa pada bagian defleksi mengalami masalah short dan sedikit bocor keground sehingga out FBT ikut terganggu.
Untuk lebih meyakinkan sumber masalah tadi socket yang menuju defleksi coba dicabut atau lepas lalu tv coba dihidupkan dan ternyata suara seperti petasan dari teg tinggi FBT juga sudah langsung hilang.

Sudah ada petunjuk diatas lalu tak ragu-ragu lagi melepas solderan pada ujung gulungan dimulai dari bagian horisontalnya dulu karena bagian ini yang sering mengalami masalah dibanding bagian vertikalnya.
Jika sudah dilepas dan dipisahkan ujung kawat pada gulungan, maka akan terpisah menjadi 2 bagian lilitan kanan dan kiri.
Setelah dipisahkan lalu diukur nilai resistantnya antara kedua lilitan kanan dan kiri tersebut, nilai keduanya normalnya sama referensinya 0,6 - 1,8 ohm.

Untuk tv yang sedang ditangani diatas ternyata nilai resistansinya ada perubahan pada lilitan yang kiri yakni 0,3 ohm, berati ini sudah short.
sedangkan yang kanan normal senilai 1,2 ohm masih ada dalam nilai yang diijinkan program.

Kemudian lilitan kiri yang bermasalah tadi saya buka satu persatu perlahan dan hati-hati sampai terlihat yang short kemudian menyambungnya lagi dan dilumuri isolator cair, lalu jemur hingga kering atau jika dikerjakan malam hari bisa juga diopen dengan suhu kurang lebih 20an derajat celcius. sehingga cepat kering dan mengeras lalu rakit kembali ketempatnya pada tabung CRT tv.

Selesai pemasangan ketempatnya test tv kembali dan layar tv pun seakarang sudah full lagi dengan gambar juga sudah sempurna lagi.
Alhamdulillah....kalau rejeki tak akan kemana.

Masih banyak problem tv LG lebih lanjut bisa dilihat laman ini..



No comments:

Post a Comment