Saturday 17 January 2015

Servise tv LG swing hanya bunyi deb-deb.


Tv LG yang menggunakan komponen diantaranya;
power suply ic STR F6654,
Ic croma TDA 9381 ,
Tr Hor D 5702/D5297/BU2520/C5296 , 
FBT.6174-6040C.

Problem tv ini jika dihidupkan bunyi deb..deb..deb terus menerus seirama detik jam, jika diamati sepertinya tv mau hidup tapi mati lagi atau gagal start dan layar juga belum sempat menyala. 
Dari tanda-tanda itu bisa diduga sementara ada beban berat pada area blog bebannya.
Untuk memastikan kerusakan sebelum melakukan perbaikan, maka cara cepat mengetahui blok mana yang bermasalah yakni dengan open beban perblok dulu.

Pertama coba angkat soket jalur defleksi lalu hidupkan tv ternyata masih sama saja, lalu dilanjutkan open (C ) tr hor langsung ketahuan bagian yang bermasalah.
Ternyata yang masalah ada pada blok horisontalnya . Semakin sempit area yang diduga rusak, sekarang tinggal dua pilihan FBT atau Tr hor itu sendiri. Memastikan lagi dengan cara visual
 (melihat nyala lampu) dengan manipulasi beban lampu 100w. Coba hidupkan lagi start tv dan lampu nyala agak terang.  Sampai disini sudah bisa mengambil keputusan FBT lah yang rusak.

Kemudian pin fbt langsung sedot dan angkat dari tempatnya tanpa ukur lagi setelah dilepas langsung saja pasang dengan penggantinya yang masih bagus.
Selesai penggantian fbt tv siap dicoba lagi dan mak...ndut!,..disusul Craaak!,..layarpun membuka mak..byaaaar...., lega sekarang.
Tanpa ketinggalan kabel antena pasang keposisinya mak...Clep!,...gambar nongol lagi akhirnya keluar juga dari persembunyiannya...hehehe....
Alhamdulillah...rampung juga antrian hari ini.
Kalau rejeki tak akan kemana.

perbaikan tv LG yang lain dapat dibaca saja halini.

No comments:

Post a Comment