Monday 20 April 2015

Servise Tv LG slim layar gelap.


Tv ini ketika dihidupkan atau disetel pada layarnya terlihat cahaya sekilas dipinggir layar mak..lapp!, lalu hilang dan layar tv gelap-gelap saja, jika diamati dengan cermat masih ada cahaya redup warna kemerahan yang hampir tidak tampak karena rata seluruh layar penuh.
sebenarnya pada tahap ini layar tv seharusnya sudah nyala jika tv normal.
ini juga ditandai lampu led yang normal normal saja dan redup jika ditekan program CH+, mendandakan otak tv ini masih waras-waras saja.

Model LG 21FB7CG ini memakai komponen diantaranya;
* Ic LG 631 9R + LV 1116 N.
* hor. C6093. 
* vert. LA78040B.
* FBT 6174-6002U. dengan pin:
  ( Col/ 180v/ B+115v/ Gnd/ Nc/ 26v/Nc/ abl/ htr/ afc.)

Buka tutup belakang lalu mulai pengecekan;
* bagian horisontal sudah hidup.
* heater juga terlihat sudah nyala redup.
* coba adjust sceen tetap tidak reaksi.
* cek fbt 6174V-6002U ternyata rusak.
* cek pin G1 dengan G2 CRT juga short.

Weleh..weleh...ibarat orang tv ini otaknya waras tapi badannya remuk ini dan lumayan juga kalau sudah menyangkut kerusakan CRT nih. Yah bisa dibilang 50:50 lah.
Mengganti FBT pada kerusakan ini jelas belum terselesaikan masalahnya. Jika pengecekan dan perbaikan mau dilanjutkan ya harus mengganti dulu, fbtnya yang mengalami kerusakan pada teg screennya.
Dan kebetulan masih ada stock fbt 6174v-6002U. lalu sedot fbt angkat dari tempatnya, ganti dengan yang baru dan lanjutkan pemeriksaan dan perbaikannya.

Untuk fbt diatas bisa juga diganti dengan persamaan yakni BSC 26-N2121(N). awas hati-hati!!..jangan mengganti fbt dengan sembarang type fbt jika tidak ingin terjadi kerusakan yang Fatal!!, jika belum paham benar tentang Fbt lebih baiknya bawa ke yang lebih paham.
mengganti fbt bukan tempatnya coba-coba tanpa didampingi pembimbing yang memang sudah paham benar tentang fbt. Ini saran penulis saja tapi kalau mau coba ya silahkan saja resiko tanggung sendiri. dan tentunya juga bukan tv milik orang lain yang untuk coba-coba.
ini sekedar saling mengingatkan saja bagi yang belum paham betul dengan fbt. 
Tapi buat yang paham itu tidaklah masalah modif pun bisa mereka lakukan.

Kembali kebahasan kerusakan diatas tadi, fbt sudah oke tinggal masalah yang short antara G1 dan G2. Lebih aman gunakan restorgun untuk menembak pin yang short atau cara kedua dengan trik-trik lain yang bisa juga dipakai. Tapi cara yang kedua juga beresiko tinggi apalagi yang asal-asalan atau belum paham, apalagi dengan Ultra High voltage!! nyawapun bisa melayang,..tragis!.namun masalah hidup mati kita Alloh yang menentukan,mudah-mudahan kita dijauhkan dari kejadian yang demikian itu.
Saran: jangan memaksakan suatu hal yang belum kita kuasai ilmunya. cari tahu ilmunya belajar belajar dan belajar.

Okelah....setelah prosess penyegaran tabung CRT. coba ukur g1 dengan g2 ternyata sudah tidak short lagi. socket crt pasang kembali dan siap dicoba tvnya.  Dan byaaarrr,.....layarpun nongol terang kembali. Colokkan antena mak...clepp!,.....pas acara atau gambar So'imah lagi berceloteh dengan woyo-woyonya,.....hehehe.

Alhamndulillah......diberikan kemudahan hari ini sehingga cepat kelar kerjaanku.
Kalau rejeki tak akan kemana.

Cara perbaikan tv LG dapat dilihat pada halaman berikut ini..



No comments:

Post a Comment