Tuesday 5 January 2016

Problem tv polytron slim gambar separuh layar.


Tv polytron slim 29 inch seperti tampak pada gambar diatas mengalami kerusakan yakni tampilan pada layarnya hanya separuh dari tengah keatas.
Kerusakan atau problem seperti ini yang sudah seringkali penulis tangani  adalah adanya masalah ketidakberesan yang terjadi pada rangkaian vertikalnya sehingga menyebabkan terjadinya protek.

GEJALA AWAL:
Jika tv dihidupkan layar hanya nyala separuh layar dari tengah keatas.
 Logo polytron sudah tampak sepersekian detik lalu tv mati standby.

PENELUSURAN PROBLEM DAN SOLUSINYA:
Penelusuran atau pemeriksaan problem tv yang mengalami kerusakan pada layar gambar hanya separuh dari tengah keatas tersebut, untuk sementara berdasar pada tanda-tanda atau tampilan kerusakan yang timbul pada layar tv ,  maka penelusuran dan pemeriksaan untuk mencari dimana titik yang menyebabkan problem tersebut dilakukan dahulu pada rangkaian vertikal nya atau bagian vertikal yakni  diantaranya:
(1). Pada jalur negative (-) vcc vertikal.
(2). Tegangan vcc in maupun out untuk vertikal.
(3).Ic vertikal. 
(4).defleksi terutama bagian vertikalnya.

Periksa jalur negative misal memakai teg (+12v) (-12v) (Gnd), maka periksa jalur teg (-12v)nya sudah sampai pada yang dituju atau terputus ditengah jalan.
pemeriksaan bisa dimulai dari output FBT atau bisa juga dari defleksi terutama vertikalnya.
Kedua periksa teg vcc in apakah sudah sampai ke Ic vertikal?,  intinya teg vcc untuk IC wajib ada dan harus sesuai nilai yang dibutuhkan misal -12v ,+12v, atau ada juga yang menggunakan 24-26 volt. selanjutnya
Ketiga periksa IC vertikal masih bekerja normal atau tidak, misal teg vcc dan output atau keluaran dari ic harus ada, teg keluaran dari ic vert adalah berbanding 1/2 dari VCCnya.
misal vcc 24v maka output dari IC senilai 12v.
Keempat periksa nilai ohm lilitan defleksi terutama bagian vertikal (gulungan yang terlihat atau bagian luar).
periksa nilai ohmnya dan juga solderan harus benar-benar terhubung. misal harus melepas ujungnya mengerik ujung kawat email ukur nilai resistansinya dan sebaiknya disolder ulang lagi.

Kerusakan seperti pada gambar diatas biasanya memakai trik-trik diatas seperti yang penulis tangani problem sudah bisa teratasi dan tampilan layar tv  sudah normal kembali.

Note:
titik atau letak kerusakan bisa berbeda tempatnya walau tampilan pada layar sama.

Ingin melihat problem yang lainnya buka halaman ini..


No comments:

Post a Comment