Friday 8 August 2014

Perbaikan tv polytron 123 (sub wofer)

Tv polytron seri 123 ini untuk power suply-nya menggunakan smps fet fs7um.

Ic cromanya TDA8841.s1 dan ic    programnya dari keluarga HBK-00-01.
Dan TDA 6107.Q untuk vidionya.
keluhan dari empunya "tvku nek diuripke metu gambare suwi mas" (tv saya kalau dihidupkan keluar gambarnya lama) katanya sambil menunjuk kearah tv kesayangannya, ..oya pak nanti saya check jawabku. Kalau bisa diduluin ya mas, sambungnya lagi, sambil bergegas pamitan pulang...oya pak jawabku kembali. 
Selang 10 menitan tv pun mulai tak periksa coba saya colokkan kejala-jala PLN steakernya mak..clep! dan distart tv merespon mak..ndhutt! tapi layar kok nggak mak.. byaarr?? hehe..
 cukuplah untuk memperkirakan  bagian kerusakannya tv polytron seri 123 ini, 

 cover bagian belakangnya tvpun saya buka, ..setelah memastikan jalur dan teg.(B+)nya terakhir sampai regulator 5vnya juga solder ulang pada bagian yang retak- retak timah nya sudah selesai , tv ini saya coba lagi distart klik lagi-lagi tv merespon mak ndhut!, tapi masih sama saja layar belum nongol-nongol juga, wah ini apa mau terjadi perang besar pikirku .
tapi jika menghadapi masalah seperti ini yang sudah-sudah pada tv polytron seri123 ini dengan mengganti elco oscilator untuk horisontalnya dan filter untuk  reg.B+5v-nya  masalahnya sudah bisa teratasi ..ternyata jurus pengecekan secara visualku kali ini tidak mempan , kedua elco diatas yang secara visual masih terlihat mulus fisiknya setelah diangkat dan diukur ternyata kering,...ini biang keladinya yang memakan waktu (gumamku) sambil melempar kedua elco ke tempat sampah di sebelahku mak..plung-plung!, lalu ambil penggantinya dan pasang.
penggantian selesai langsung test tvnya kembali, ...coba start mak..klik! tv pun merespon mak..ndhut! layar mak..byaarr! colokkan antena mak..clep! gambarpun nongol langsung cling-cling-cling!
Alhamdulillah...Alloh memberikan jalan atas hambanya yang berusaha .

2 comments:

  1. punyaku ada model ini bisa bantu perbaiki ms, gk ada gambarnya.

    ReplyDelete