Tuesday 16 December 2014

Cara servise tv sharp alexander mati total.


Lagi-lagi tv sharp alexander 21 inch dimeja kerjaku, minggu-minggu ini tidak sedikit tv jenis tersebut yang mengalami problem. Mungkin lagi kebetulan atau memang waktunya pada rusak.
kemarin-kemarin problemnya pada gambar, tapi yang ini malah mati total.

Langsung saja tv saya tangani , karena problemnya mati total sudah semestinya yang pertama diubek bagian power suplynya dulu memastikan regulator sudah bekerja atau belum, benar dugaan awal regulator bermasalah.
mulai ketemu biangnya satu persatu disini dari output ic STR yang ke pin Colektor trafo bagian primer tegangan(-) hilang, lalu open yang ke beban  sedot dulu memastikan STR masih bagus atau tidak. Setelah pengecekkan STR ternyata memang sudah rusak. 
Sebelum penggantian ic str saya lakukan pengetesan sementara dulu untuk mengetahui area beban masih ada masalah atau tidak.

Pengetesan sementarapun saya percepat dengan kit reg gacun setelah str saya angkat dulu dari tempatnya , teg pun langsung hilang. 
Weh...weh..ada lagi sibiang keroknya nih...batinku.
Ternyata siDioda RU 4A  pada bagian B+ sekunder yang short. Kemudian dioda diangkat dari tempatnya sebelum penggantian dioda sekalian open dulu elco filternya  lalu pada katoda dipcb bekas dioda yang diangkat tadi ukur resistansi terhadap ground jika masih short jangan lakukan penggantian dioda dulu jika tidak maka dioda akan putus dan putus lagi, telusuri sampai Tr hosisontalnya lakukan penggantian jika short. Setelah dipastikan beban B+ tidak short lagi barulah aman melakukan penggantian diodanya tadi dan elco filter saya pasang lagi dan coba test tvnya kembali.
Colokkan kabel power kestop kontak mak....Clep!,.....ndhutt!......byaaaarr!.
Alhamdulillah.....beban semuanya sudah oke tv sudah mau byaaarr lagi, karena beban sudah oke lanjutkan perbaikan kembali lagi kepower suply tadi untuk melepas kit gacun yang untuk pengetesan tadi, Lalu lakukan penggantian STR yang rusak. sekalian elco-elco kecil pendukungnya ganti dengan yang baru.
Setelah selesai tv saya test lagi dan...byarrr!...tvpun bisa normal kembali.

Kesimpulan:
Tv yang mempunyai problem mati total diatas karena mengalami kerusakan :
(1) Power suply bagian primer yakni pada STR nya, bagian skunder pada dioda RU 4A untuk B+ 125v nya.
(2) Pada bagian horisontal yakni Tr horisontalnya TT 2140 , TT 2190.

Catatan:
*Jika Ic str rusak atau dioda RU untuk B+nya short sebaiknya jangan langsung diganti sebelum memeriksa sumber masalahnya dan memastikan area beban benar-benar aman.

Alhamdulillah.....akhirnya cepat kelar tugasku hari ini,.....kalau rejeki tak akan kemana.

Untuk problem tv sharp alexander yang lainnya dapat dilihat dihalaman ini.

10 comments:

  1. Klo tv sy power nyala tp layar tdk hidup apa yg bermasalah itu bos

    ReplyDelete
  2. Klo tv sy power nyala tp layar tdk hidup apa yg bermasalah itu bos

    ReplyDelete
  3. ...kl bagian horisontal belum hidup sudah barang tentu layar mati, ...alias bagian horisontalnya belum bekerja.

    ReplyDelete
  4. Persamaan dioda RU 4A itu berapa mas?

    ReplyDelete
  5. T tommy...dioda RU 4A ( high eficiency rectyfier) 1,5A 1600v, gunakan karakteristik yg paling mendekati 1,5A 1600volt.

    ReplyDelete
  6. maaf bos kalo tv shrep 14in hanya ada warna pelangi di layar apa penyebabnya

    ReplyDelete
  7. Salam.
    Bos, mhon bantuannya.. tv sharp sya, power supply nya idup. Tp layarnya gak ad. Lampu fepan berkedip, sperti halnya kita mau menghidupkan tv, kadang trang kadang tidak. Berkedipnya itu kurang lebih 30 detik.

    ReplyDelete
  8. apa setelah 30 detik tv mau hidup?....dimungkinkan ada elco yang kering /berubah nilainya...cek dulu.

    ReplyDelete
  9. Boss mw tanya tv saya sharp alexsander pro ditekan tombol power lampu indikator ga nyalan layar juga ga nyala malah yg muncul suara tit tit tit gitu mf apanya yg rusak??

    ReplyDelete
  10. ..ada yang short...periksa dioda, Tr, dan elco.

    ReplyDelete