Saturday 6 August 2016

Tv Toshiba LED 32" ada suara tapi layar gelap.

Tv LED TOSHIBA 32 inch seperti tampak pada gambar diatas, datang diantar sama pemiliknya bersama keluhannya sebagai berikut;
"tv ku mati mas,... kalau distel tidak ada gambarnya tapi suaranya ada" kata empunya tv,.. minta tolong ya mas tvku diperbaiki kalau-kalau masih bisa hidup,...tambahnya.
Layarnya masih nyala apa mati?, sahut saya,...ada suara saja layarnya gelap mas , jawabnya kembali.
...Oya pak, nanti saya check dulu..jawab saya. tv tidak langsung saya bongkar karena masih memperbaiki tv jenis yang lain.
...paling-paling masalah seputar inverter atau led back light, "bathinku".

Kemudian saat tiba gilirannya tv pun mulai saya bongkar juga, wah...mau tidak mau harus bongkar-bongkar panel nih untuk check led back light nya..karena setelah pemeriksaan pada inverter yang menuju back light tegangan sudah keluar.


Selanjutnya buka dan periksa led back lightnya, 
LED back light tersambung secara seri untuk tv diatas menggunakan 3 rentengan led, satu renteng led pada body tertulis dengan teg 0 - 95 volt.

Kemudian pengecekkan led backlight.
* Check per rentengan;
Cara mengecek led backlight bermacam-macam cara yang bisa digunakan, tergantung teknisi yang melakukan perbaikannya , yang tentunya hasil akhir dapat mengetahui rentengan led backlight yang mati atau rusak. akan tetapi lebih bijak gunakkan cara yang aman dan dianggap paling aman agar pengechekkan tidak menimbulkan kerusakan pada komponen yang diperiksa tersebut.
Cara memeriksa led diantaranya bisa menggunakan multi tester atau menggunakan catu daya dengan amper dan tegangan voltase rendah, misalkan menggunakan catu daya 300-500 mili amper dengan teg yang bisa diadjust misalnya ( 0 - 24 volt). gunakan teg atau adjust dari titik terendah dahulu naikkan adjust teg  sampai cukup untuk melihat dan membuat lampu led hidup hingga tampak menyala, jika dalam rentengan tidak menyala setelah diberi teg tersebut dapat dicurigai ada jalur atau titik led yang putus atau rusak. perbaiki jalur yang rusak atau ganti led satu jalur renteng atau jika tidak mengganti satu renteng, cari lebih lanjut dan ganti titik led yang mati atau rusak.
Hindari menggunakan teg dengan voltase tinggi!!,  adjust teg terlalu besar dikhawatirkan akan merusak LED.

* Check per titik led;
...Cara ini harus membuka kancing yang menutupi led , tapi agak ribet karena harus masang perekat atau mengelem kembali keposisi semula.
cara lain bisa menggunakan bantuan jarum pentul pada ujung test poinnya dengan menusukkan pada jalur yang akan dites.
atau bisa dengan cara dikerik-kerik secukupnya pada lapisan warna putih yang menutupi jalur agar bisa diukur.
jika beruntung sudah terdapat titik-titik test point bawaan, jadi tidak perlu membuka kancing pada led dan kerik-kerik seperti diatas.

Pada problem tv LED Toshiba diatas teratasi dengan perbaikan inverter dan pengganti led backlight.

Alhamdulillah....bisa beralih ke pasien yang lainnya..

10 comments:

  1. Assalamualaikum mas zenn mau tanya

    ReplyDelete
  2. Saya ada perbaikan tv merk fujitec 21" kerusakan nya itu gambar , osd , menu bergetar semua pak . . Apa yg harus saya cek mas? Regulator nya pake gacun dr sana nya , b+ normal 110v

    ReplyDelete
  3. Saya ada perbaikan tv merk fujitec 21" kerusakan nya itu gambar , osd , menu bergetar semua pak . . Apa yg harus saya cek mas? Regulator nya pake gacun dr sana nya , b+ normal 110v

    ReplyDelete
  4. pwr..reg blm atau kurang Oke... terutama pada titik-titik B+nya ada yg teg ketinggian atau kerendahan ..solusi coba kembalikan ke rangkaian reg aslinya..... atau jk tidak perlu cek dengan teliti tiap2 titik B+.

    ReplyDelete
  5. Makasi pak zen tv sudah oke..
    Minta bantuan nya lagy pak.. tv samsung 14" gambar cenderung merah.. cara membuka sermod nya bagaimana ya pak.. masalah nya rangkaian penguat vidio nya tdk memakai trimpot melainkan memakai ic

    ReplyDelete
  6. ...samsung 14" tv CRT maksudnya?...kl tv CRT problem pada rangkaian R,G,B...jika dominan merah check jalur yg R (red), meliputi; Transistor, resistor saja dulu.

    ReplyDelete
  7. Salam mas Zen, bantuan mas, saya ada Toshiba 32P1300VM kerusakannya ialah suara baik gambar gelap, saya coba mengechek tegangan led output nya bacaanya sekejap tinggi Dan rendah, apa yg rosak ya mas, untuk pengetahuan saya Baru timbul minat pada electronik repair. Makasih mas

    ReplyDelete
  8. Amerr .S.... salam kembali, pada problem yang anda tanyakan ada kemungkinan akibat Led backlight yang rusak atau inverter backlight itu sendiri.

    ReplyDelete