Sunday 7 December 2014

Problem tv sharp Great alexander gagal start.


Tv sharp great alexander 21" ini menggunakan ic croma laba-laba IX B266WJ. Memori 24WC08L. FBT bsc 25-0232A. mengalami problem jika tv dihidupkan led merah nyala terang kemudian redup selang beberapa detik terus mati alias tidak nyala lagi,kecuali kabel power dicabut dulu kemudian dicolokkan lagi maka led akan hidup lagi begitu terus jika diulang.

Dari pengalaman pribadi dalam memperbaiki tv, jika menemui kerusakan seperti itu yang sudah-sudah, tv tersebut yang menjadikan problem karena adanya masalah pada bagian tertentu diantaranya:

(1)power suplay meliputi; 
IC power baik itu STR atau TR reg,
tegangan( B+)primer dan skunder,  juga error amp apakah sudah oke?, juga ic regulator5v-8v,9v, pastikan vcc sampai ketujuan tidak drop atau terputus ditengah jalan.

(2).Kerusakan pada bag horisontal, 
Periksa sirkit horisontal dari jalur pin ic sampai ke defleksi hor. yoke. Periksa tr hor dan komponen pendukungnya, pastikan berfungsi dengan baik.

(3).Periksa FBT.
Jika B+ pada skunder power suplay dipastikan oke, tapi problem masih sama seperti awal , lanjutkan pemeriksaan FBT pada primer dan skundernya, input dan output yang dihasilkan, masih bagus atau ada penyimpangan.

(4).Kerusakan pada bagian vertikal, periksa vcc input dan out ic vert, komponen pendukung terutama elco pum up.

SE 125 sebagai error amp akan memberikan signal dan perintah ke STR W6754 untuk menghentikan aktifitasnya lewat optocouple lalu dilanjutkan ke STR 6754 maka power mati. Maka tv akan mati jika terjadi masalah pada beban.
pada tv tv merk atau type lain ada yang memakai SE 90, 110, 115, 125, 130, sesuai teg B+nya.

Pada problem tv yang sedang saya tangani ini , perbaikan dimulai dari power suplay karena led langsung mati .setelah pemeriksaan pada STR, dan komponen pendukung nya diantaranya resistor pada pin optocouple, juga optocouple itu sendiri. lalu pada SE 125.  
Alhasil pada optocouplenya masih bagus tapi SE 125 nya rusak. Lalu SE 125 saya ganti. 
Tes B+ bagian sekunder untuk melihat hasilnya,  terlebih dulu lepas beban dengan mengangkat kaki Colektor Tr horisontal biar aman pasang beban lampu 100 watt.

Setelah dites dengan beban lampu 
lampupun menyala terang. dan lagi-lagi dalam hitungan detik lampu langsung padam. Coba lepas beban lampu atau jalur C keFBT dicut B+ jadi normal 125v.

Weh...weh....sasaranku loncat ke Tr hor ternyata masih oke , lalu beralih ke FBT, setelah diperiksa FBT juga sudah KO rupanya. dapat borongan rupanya hari ini. Proses pemeriksaan tv terpaksa saya hentikan sementara , karena stok FBT BSC 25-0232A. habis.

Paginya luncuran ke toko terdekat sambil belanja yang lain, tapi Fbt ditoko juga nihil, kemudian saya cari fbt yang fungsi pinnya sama atau mendekati, jatuhlah pilihan pada type: FA 061WJ-SA. lakukan penggantian dan tes tvnya lagi, dan akhirnya mak..byaaaarr juga.

Kesimpulannya;
 tv ini mengalami kerusakan pada :
(1) SE 125 untuk error amp.
(2) FBT.bsc 25-0232A.

Catatan:
Trik saya dalam menangani tv yang problem atau rusak, berusahalah teliti dan berfikir dari hal yang paling sederhana dulu, yang berhubungan dengan problem pada tv.

Alhamdulilĺah......kelar juga akhirnya.
Kalau sudah rejeki tak akan kemana.

12 comments:

  1. Kebetulan saya mengalami kasus yang sama tetapi dengan tipe Sharp Alexander 51DXF500

    Bagaimana cara mengetahui SE125 dala keadaan baik atau rusak?
    Thx atas petunjuknya...

    ReplyDelete
  2. Bagaimana cara mengecek fbt rusak atau tidaknya pak?

    ReplyDelete
  3. wahyudi.... jika prob. SE... sudh tdk bs mrmberikan signal ke ic reg power suply (STR) , sehingga str tdk mendpt perintah menghentikan aktifitasnya, pin short, atau kerusakan fisik.....kerusakan kompnen ini termasuk jarang frekwensi kejadiannya .

    ReplyDelete
  4. A. muzdakir....sbaiknya disedot/ dilepas jika perlu, ukur resistansinya terhadp Pin ground.
    apkh short /putus/bagus.
    ...jk tanpa dilepas tp menggunkn indicator /boklam lampu jg bs dg cut dan lewatkan indicator /boklam lampu trsebut.

    ReplyDelete
  5. Sy ada tv sharp 21inchi flat screen model 21qf2-m... transistor horizontal short, body flayback fa132wj pecah, ic vertical pecah. Apabila sy gantikan semuanya,sy on, led merah terang sekejap selepas tu malap.isolate datang sekejap je. Voltage b+ dan voltage vertical cukup.diod zener smua dah check,ok. Adakah kerana body flyback bocor "spark" boleh rosakkan ic epprom?

    ReplyDelete
  6. ...kemungkinan bisa jadi karena FBT rusak, ..sehingga ada beban berat. ..dengan catatan semua titik B+nya normal semua....

    ReplyDelete
  7. ...kemungkinan bisa jadi karena FBT rusak, ..sehingga ada beban berat. ..dengan catatan semua titik B+nya normal semua....

    ReplyDelete
  8. saya ada pasien sharp alxender fly back BSC24-2688s..kerusakan indicator nyala beberapa detik kmdn redup mirip kerusakan postingan di atas,sy cek teg 125 ada saat di onkan lalu jatuh kmdian kmbali ke 125 lg,teg HOT normal,utk heater,180 tdk keluar,24 voltnya jatuh sekitar 12v...yg begini apanya ya bos...apakag FBTnya.?

    ReplyDelete
  9. ..yg jelas pastikan dulu 180v benar2 tidak keluar ...cek dipin FBT open dulu beban...u/ memastikan FBT benar2 rusak atau drop karena beban berat...

    ReplyDelete
  10. sy tangani tv tipe yg sama diatas dan kerusakannya jg sama, sy ganti flyback sama IC SE125 tp, tetap sj standby

    ReplyDelete
  11. ...periksa dan pastikan bag reg ok dulu....baru lanjutkan ke area beban.

    ReplyDelete