Friday 2 January 2015

Problem tv LG turbo swing bunyi mencuit.


Tv LG model RD-21CA80V seperti pada gambar diatas untuk power suply regulatornya menggunakan ic STR W6654. Dan komponen lainnya diantaranya; ic jungle 8823 CPNG5JK3, vert LA 78040, hor D 2627.
untuk FBT tv ini bisa memakai 6174V-6002U, 6174Z-6002U atau BSC 26-N2121 GD.
Sedangkan untuk urutan pin( Col-180v-B+115v-gnd-nc-26v-nc-abl-H-E18afc).

Adapun problem tv ini awalnya siempunya tv mengatakan jika dihidupkan dengan menekan switch power utama pada panel depan tv hanya berbunyi cuit cuit terus menerus dan layar tv tidak bisa hidup.
mmm... mungkin ada tikusnya kale didalam, jawabku sambil tertawa kecil,  hehehe...bercanda gan!.

Berangkat dari informasi empunya tv itu lalu untuk kebenaran informasinya itu, sayapun mencoba dulu tv tadi untuk memastikannya.  E..e..e..ternyata memang benar begitu kerusakannya tv ini. 
Kerusakan seperti ini seolah olah sudah merupakan menu sehari-hari bagi saya pribadi atau mungkin juga bagi teman-teman seprofesi, karena kasus seperti ini tidak sedikit dan frekwensinya terbilang sering pada pasien tv LG.

Dugaan sementara kerusakan bagian power reg skunder , horisontal dan vertikal, mempersempit area yang diduga tadi Pemeriksaan langsung saja mulai dari open kaki dioda untuk b+ biasanya bocor atau rusak, ternyata masih bagus lalu pasang kembali.

Selanjutnya bagian horisontal open beban HV sampai disini ternyata ketika dicoba tv nya tidak bunyi cuit cuit lagi , belum sampai memeriksa bagian vertikal masalah sudah ketemu dan untuk memastikan tr hor ikut rusak atau tidak cabut dan periksa sekalian dan tr hor ternyata tidak mau ketinggalan tr hor C 2627 ini ngikut juga.
Berarti FBT rusaknya tidak berani sendiri saja nih batinku. Lalu FBT dan tr hor saya cabut dari tempatnya dan ganti dengan type yang sama sepeti diatas. tv pun saya coba kembali dan ketika start langsung mak..byaaarr!,...tidak bunyi mencuit-cuit lagi,..nah!..berarti tikusnya sekarang sudah pergi nih,....hehehe...

Untuk melihat gambarnya kemudian ambil kabel antena dan colokkan ke tempatnya mak....Clep!,....gambar ditv sudah normal kembali.


Alhamdulillah....cepat kelar tugasku ini,....kalau rejeki tak akan kemana.

Catatan:
* jika terpaksa fbt bisa juga pakai 154-177B.( modif pin).
* Tr hor jika sekedar untuk mencoba bisa juga memakai D1554(beda fisik).hanya sedikit agak fliker pada gambarnya.

Kerusakan atau problem lain pada tv LG juga dapat di baca disini.

2 comments:

  1. Wah tikusnya udah di usir sama pak dokter ya :D Mantap dah mas....

    ReplyDelete
  2. Hehehe...iya nih,.. heran juga tv kok bs bunyi cit cit seperti tikus .

    ReplyDelete