Thursday 18 December 2014

Cara perbaiki gambar tv sharp layar melipat


Tv yang tampak seperti pada gambar diatas mempunyai problem pada tampilan layar, jika tv dihidukan gambar ada colour dan contras bagus, suara ada cukup jernih, cuma pada layar tv gambar bagian atas melipat kurang lebih sepertiga layar pada bagian atas. atau pada tv keluaran baru problem terjadi pada layar bagian bawah.
Lihat gambar diatas untuk tv model lama.

Problem ini awalnya muncul setelah penggantian FBT yang mengalami kerusakan dengan type lain atau dimodif karena keterbatasan suku cadang spare partnya yang ori dan tidak mendapatkanya spare part dengan type yang sama , maka digantilah dengan FBT type lain yang dengan memanfaatkan pin-pin yang sama .
setelah penggantian dan pengetesan tv bisa hidup kembali, namun seperti yang dijelaskan diatas ada problem pada vertikalnya yakni melipat pada layar bagian atas.
coba masuk servise mode adjust v linerity belum membuahkan hasil.
ic vertikal menggunakan AN 15525 coba diganti dengan LA 78045 juga masih sama saja. adjust nilai R506 dan tambahkan R pada C 519 tetap masih sama saja. 

Lalu pengecekan sampai pada R 528 tanpa sengaja melepas R528 kecil mungil dengan maksud tadinya mau diukur nilainya berubah atau tidak, iseng tv saya tes untuk melihat apa pengaruhnya jika R 528 dilepas, e..e..e...apa yang terjadi layar malah tidak melipat lagi. lha kok jadi sendiri nih batinku. Agak geli sendiri sebenarnya, setelah hampir saja dipusingkan dengan problem dan waktu. Tapi ya...sudahlah akhirnya resistor tadi tidak saya pasang lagi. ya juga kenapa harus dipasang kalau dilepas gambarnya malah bagus. akhirnya R528 pun saya open, tanpa mengangkat dari mainboardnya dengan tujuan agar sewaktu-waktu dapat part yang ori bisa dikembalikan lagi.
tidak ada salahnya kalau berfikir begitu walau tv itu bukan milik kita, mempertahakan sesuai aslinya sebisa mungkin dilakukan dan modifikasi merupakan alternaifnya.

Akhirnya modif Fbt pun dapat membuahkan hasil dalam artian tetap dalam pantauan saya seberapa lamanya dapat bertahan. Hal ini dapat menambah pengalaman saya pribadi dalam memperbaiki tv yang problem seperti diatas akibat dari modifikasi.
Namun sampai postingan ini saya publikasikan sudah sebulan lebih ketemu siempunya tv dan iseng-iseng tanya tentang tvnya tersebut, masih oke-oke saja "jawabnya" kebetulan empunya tv teman yang masih sering ketemu.

Mudah-mudahan pengalaman yang menggelikan ini setelah saya publikasikan, sedikit banyaknya ada manfaatnya buat teman seprofesi atau yang menyempatkan mampir diblog saya ini.

kesimpulan;
Tv yang mengalami problem cacat vertikal seperti diatas disebabkan karena mengganti part bukan yang ori (modifikasi).

Catatan:
* Membuat catatan historis untuk tv yang kita modifikasi.
* Data spare part aslinya dan part pengganti untuk modifikasi secara detail jika ada perubahan type, nilai, dll.
* Memonitor hasil modifikasi yang sudah dilakukan, karena hal ini akan bermanfaat dikemudian hari.

Alhamdulillah.....sampai saat ini masih diberikan jalan kemudahan,....kalau rejekinya tak akan kemana.

Problem tv sharp lainnya baca saja halaman yang ini.




5 comments:

  1. Mohon nilainya berapa yang tadi di lepas... Biar mudah mencarinya... Soalnya aq cari R528 ga ketemu. Trims buat acuannya..

    ReplyDelete
  2. ..kasus ini jika part FBT sudah diganti /dimodif...kl fbt msh asli kemungkinan R yg dimaksud baik2 saja, ..hal ini berkaitan dengan teg vcc vertikal yg turun/drop sedikit karena Fbt pengganti td, bs juga diakali dg menambah lilitan keferit Fbt jk teg tidak mencukupi.

    ReplyDelete
  3. Kasus yg sama tapi pada sharp alexander slim 29", vcc vertikal sdh sampai 27,11 volt tapi masih belum sempurna, r528 ga ketemu itu yg mana ya?

    ReplyDelete
  4. ..chasis beda ada kemungkinan kode juga berbeda ..telusuri area ic vertikal....berhub dg vert linierity.

    ReplyDelete
  5. Terimakasih Pakde telah memberi solusi ,,, saya kmren dapat problem persis seperti itu stlah ganti FBT,, nanti saya coba

    ReplyDelete