Monday 29 December 2014

Memastikan kerusakan regulator power suply menggunakan kit reg gacun.


Cara yang harus kita ketahui sebelum melakukan perbaikan adalah kerusakan itu sendiri, dititik mana letaknya, dan komponen apa saja yang rusak, apa fungsi dan kegunaannya, barulah kita bisa melakukan langkah perbaikannya.
Bagaimana kita akan melakukan perbaikan kalau belum tahu apa dan dimana letak kerusakannya, apalagi kalau belum paham fungsi dan kegunaannya untuk apa, bisa jadi malah akan menambah masalah kerusakannya semakin parah.
Pada pesawat televisi misal kita harus tahu bagian bagian pada televisi tersebut terlebih dulu kalau memang mau memperbaikinya . Contoh diantaranya bagian pada televisi ada power suply primer dan skunder, bagian
horisontal, vertikal, dan seterusnya.

Seperti pada gambar diatas kit reg gacun yang terlihat adalah terpasang pada bagian power suply primernya tepatnya untuk regulatornya. Yang biasanya terpasang tr regulator kaki tiga atau yang menggunakan ic STR seperti w6754 atau ic STR jenis lainnya.
Kit regulator gacun yang bisa dibilang simpel dan praktis ini sebenarnya bisa menggantikan fungsi pada reg power suply pada pesawat televisi. maka jika kita ingin memasangnya sebagai pengganti juga bisa itu tergantung individu masing-masing, atau hanya memanfaatkan untuk proses menganalisa kerusakan juga sah sah saja yang kedua ini mungkin yang suka mempertahankan rangkaian alsinya.

Tapi kemungkinan pencipta pembuat atau perancang kit reg gacun ini salah satunya adalah untuk keperluan seperti ini, saya sendiri juga belum tahu tentang penciptanya siapa dan apa saja tujuanya tapi yang jelas kit reg yang kecil mungil ini memang praktis dan sangat membantu untuk keperluan repaire atau keperluan elektronika lainnya terutama pada rangkaian regulator suplynya.

Seperti bahasan diatas bahwa kit ini bisa dijadikan alat test sementara pada regulator power sulply bagian primernya. Jika dalam proses perbaikan power reg bermasalah untuk mengetahui bagian yang lain ikut bermasalah atau tidak , maka kit ini akan sangat membantu mempercepat pemeriksaan dan memastikan bagian yang lainnya dengan cara mengabaikan sementara bagian reg yang bermasalah , diambil alih dengan kit reg gacun ini.
Dengan cara ini jika bagian lain dari reg masih normal saja maka tv sementara akan bisa hidup. Dan kita sudah tahu langkah apa yang akan dilakukan dalam perbaikan selanjutnya.

Sayapun bersyukur dan merasa terbantu dengan keberadaan kit tersebut.
Tank's Gacun!.

No comments:

Post a Comment