Tuesday 10 March 2015

Servise tv sharp alexander slim 29" mati total.



Model tv sharp alexander 29AXS250E3. Dengan komponen diantaranya: 
* Ic reg.power menggunakan STR W6556A.
* Tr hor. C6090.
* Fbt bsc 29-0152 K.
Setelah tutup belakang tv dibuka pembersihan chasisnya dari debu yang menempel, lalu pengecekan secara visual dulu dilakukkan, darisini sudah mendapatkan tanda ketidakberesan pada area regulator power suplaynya, yakni pada komponen-komponen antara lain ; IC STR, dan komponen pendukungnya diantaranya C706/22uf/50v, C707/821K/1kv, R717/100k ohm. komponen-komponen tersebut secara visual sudah menunjukkan kerusakan dan setelah ditest ternyata memang sudah rusak.

Setelah dilakukan penggantian komponen yang rusak tadi tv lalu dites untuk melihat responnya alhasil regulatornya sudah normal kembali.
Akan tetapi tidak sampai disini tv bisa hidup atau keluar gambarnya, weleh..weleh..ternyata ada bonus tambahan lagi nih.
Setelah penelusuran tingkat lanjut ternyata ic LV 7980 pada pcb CRT rusak dan setelah ic tersebut diganti gambar tv pun nongol juga akhirnya...mak..byarrr!.

Setting semua Channel sudah masuk, dan masuk servise mode ternyata parameter belum berubah berarti tidak masalah pada programnya.
Dan sebelum cover belakang tv saya tutup dan pasang kembali saya pastikan semua titik B+ dalam keadaan normal.
didapati semua titik b+ oke-oke saja, cover pun saya pasang kembali dan test tv agak lama sampai empunya datang mengambil tvnya.

Alhamdulillah....cepat kelar kerjaan hari ini. Kalau rejeki tak akan kemana.

Problem tv sharp model lain dapat diLihat disini..

7 comments:

  1. Met malam boz Zenntronic, salam kenal...btw mohon solusinya bila berkenan...secara sy tidak paham soal pertelevisian, cm sy ada tv type yg sama dgn yg di ulas saat ini..kondisi tv matot, sy coba buka casing colok listrik dan sy perhatikan ada suara " tek..tek..tek " berulang kali, ini dalam kondisi power on. Kalau sy perhatikan lg suara yg keluar itu dari elco besar dgn nilai 470uf/400v...kira2 dgn kondisi tv spt itu part apa yg harus diganti...mohon pencerahannya boz Zenntronic...terima kasih !

    ReplyDelete
  2. duo ahmad....coba lanjutkan cek bagian horisontalnya mungkin ada beban berat.

    ReplyDelete
  3. Mlm pk mw ty klo yoke y yg trbkr tu mslh y d dmna .. Mtak pnjlasan y trima ksih

    ReplyDelete
  4. ..letak tepatnya lilitan yg berada diujung tabung bagian belakang.. ada jg yg bilang kondenya krn bentuknya yg mirip dg konde pada rambut kepala pd wanita .

    ReplyDelete
  5. Selamat Sore Boss....
    Saya ada pasien TV SHARP Alexander Slim Model:29AXS250E2
    Keluhan: Mati
    Setelah saya cek ternyata TR Horizontal C6089 short dan setelah saya ganti yang baru yang ada mati lagi.saya ganti lagi dengan yang baru dan saya coba dengan tidak menggunakan Deflexi yoke hasilnya nyala hijau kemudian merah.
    yg ingin saya tanyakan,apakah Deflexi yoke bermasalah atau ada hal lain yg mnimbulkan Short-nya C6089.spintas saya lihat Yoke tidak ada tanda-tanda konslet ataupu terbakar.
    mohon pencerahannya....

    ReplyDelete
  6. Ms Dhimo.... kl melepas defleksi coba yg bag horisontalnya saja, vert.biarkan terpasang...
    *cat /sedot bag C Tr hor cb pakai beban simulasi (boklam 100w). untuk indikator beban berat sesudah Tr hor.
    *cek beban sesdh tr hor( Milar, maupun FBT)

    ReplyDelete
  7. pencerahnya bosq,dah seminggu blm kelar,tv sharp alexander 29", awalnya tr hor shot,ternyata b+ over,aq cari diarea opto blm ktmu,teg dielko 3300/16 ada 4,9v.skrg mati total,led nyala bntr trs mati,mhn pencerhanya bosq....

    ReplyDelete