Sunday 22 March 2015

Tv polytron U-Slim mati tiba-tiba mati sendiri.


Problem tv pada postingan kali ini yakni pada tv polytron seperti tampak pada gambar diatas yang mengalami problem mati sendiri (protek) atau tv dihidupkan dalam beberapa detik lalu mati kembali.

Pada tv model ini menggunakan komponen diantaranya: 

* ic vertikal stv 9325.
* ic horisontal C6090.
* Junggle HBT 01-01G.
* Tunner TAEA G 020D(P).

Pemeriksaanpun dimulai kecurigaan pertama mulai dari dugaan ada beban berat pada tr horisontalnya lalu open colektor untuk melihat kebenaran dugaan awal, namun apa yang terjadi setelah tv dicoba dihidupkan beberapa detik mak..pettt!, problem masih seperti awal tadi tak bergeming sedikitpun,...salah alamat nih !,.....hehehe.
Lanjutkan penelusuran kebagian lain sengaja untuk colektor tr hor yang diopen tadi tidak disambung dahulu, 
Kembali periksa bagian power suply primer pin pada trafo disedot open dulu begitu tv saya tes hidupkan lagi dan masih belum mau alias sekian detik masih juga mati lagi mak...pett!..hehe...ternyata score 2:0 nih.

Lanjutkan lagi!,..tak mau score tambah lagi, berhenti sejenak nyruput kopi dulu dan sambil mengingat ingat dulu pernah sekali menangani problem kayak gini. apa kira- kira dulu yang menjadi penyebabnya gumamku dalam hati. maklum dulu belum terpikir pentingnya dokumentasi, selesai servise sudah jadi lalu bayaran sudah. tanpa berpikir untuk membuat catatan.
Karena area pemeriksaan tadi sudah bisa dipersempit tinggal antara ic power 
, elco utama , dioda, PTC, sampai ke steaker ke jala-jala listrik PLN, semua komponen tadi masih terlihat mulus lus tidak ada tanda-tanda kerusakan secara fisik.

Nah!...ingat lagi sekarang, problem yang sama seperi ini yang ditangani dulu setelah mata tertuju ke ptc thermistor for degaussing, sebelum disedot dan diangkat tutup bagian atasnya yang masih mulus coba saya buka dulu dan benar!, ptc bagian dalamnya sudah pecah.
Langsung cabut saja dan ganti lalu tes tv dihidupkan. Mak..ndhut!,...agak lama tv sudah tidak mati lagi , matikan tv cabut colokkan AC 220v, lalu sambung kembali bagian yang diopen atau dicut sebelumnya. Tes dengan beban full sesungguhnya dan mak...Craaaakk!,..dan byaaaaarr!, antena pasang ke tempatnya gambar nongol dengan sempurna.
Alhamdulillah...kelar juga.

Weleh...weleh...pemeriksaan sudah kemana mana ternyata rusaknya cuma itu to, salah awal terlalu pede ngeceknya sampai kelabasan...hehe.
akhirnya putar balik lagi...
Tapi gak apalah hitung-hitung cambuk kecil bagi diri sendiri.
Juga kalau sudah rejeki tak akan kemana.

problem lain tv sharp dapat dibaca pada halaman ini.

No comments:

Post a Comment