Friday 22 May 2015

Problem tv polytron gambar jadi hitam putih.


Problem tv polytron ini ketika dihidupkan gambar dan warnanya normal-normal saja, akan tetapi setelah kurang lebih distel 2 sampai 5 menitan lama kelamaan warna pada gambar hilang sehingga gambar menjadi hitam putih saja alias BW.
Padahal melihat modelnya saja orang sudah tahu kalau tv ini tv berwarna,......
hehehe.... kembali kejaman dulu.

Problem seperti ini terkadang bagi tukang repaire yang baru pertama kali menemui masalah seperti ini 
bisa membuat otak jadi panas karena berfikir keras. 
Penulis sendiri dulu mengalaminya dan hal ini bisa sampai membuat jadi salah tingkah, yang garuk-garuk nggak gatal lah,..yang gerah lah,..yang inilah,..yang itulah,..
pokoknya otak jadi rada sedikit error...hehehe.
Tapi memang betul kata orang bijak guru yang paling baik adalah pengalaman.
Itupun penulis sudah membuktikan sendiri, Alhamdulillah sekarang mengatasi masalah yang sama seperti diatas sudah hilang salah tingkahnya.

Okelah...kembali keproblem tv polytron MX-20323 yang ketika baru dihidupkan gambar dan warna normal tapi setelah beberapa menit kemudian warna hilang dan gambar menjadi hitam putih. 
pada tv model ini sebenarnya diakibatkan karena tidak stabilnya pada salah satu tegangan 8v atau 5v nya. Pada model ini bisa diakibatkan komponen dari kedua D313 yang error atau komponen pendukungnya. regulator harus stabil pada titik-titik tersebut, jika perlu ganti komponen pada bagian ini. Pastikan regulator bekerja dengan baik, tidak kalah pentingnya tegangan suplynya yaitu 14v dalam keadaan normal dulu.
Jika semua reg sudah normal coba tes hidupkan tv kembali maka biasanya dari problem yang sudah-sudah yang saya atasi, tv dengan problem hilang warna hitam putih seperti diatas akan bisa sembuh normal kembali.

Seperti problem tv model diatas yang saya tangani entah sudah yang ke berapa kali problem seperti ini dari tv sejenis yang saya perbaiki saya tidak ingat lagi , yang jelas sampai langkah ini saja tv bisa normal kembali.
Alhamdulilah...kalau rejeki tak akan kemana.

Postingan yang singkat ini saya publikasikan mudah-mudahan sedikit banyak ada manfaatnya khususnya buat penulis dan bagi pembaca pada umumnya yang telah menyempatkan waktunya.
Terima kasih atas kunjungannya.
Selamat beraktivitas...
Salam sukses selalu buat anda!.

Masih bahasan problem tv polytron




1 comment: