Sunday 28 June 2015

Problem tv L'SIDI polytron gambar tipis garis buku.


PROBEM AWAL ;

(1). Tv polytron L'SIDI ini jika disetart hidup pada layar  terlihat 
Cahaya sekejap mak...lapp! langsung protek kembali kestandby.

(2).Setelah mau hidup Tv L'SIDI Polytron ini mempunyai problem gambar yakni suara bagus gambar juga masih kelihatan tapi tipis dan layar dominan warna merah disertai ada garis-garis seperti buku.

Pada tv model ini komponen yang digunakan diantaranya:
* Fet regulator 7N65.
* Tr hor. C6092.
* Ic vert. LA78040.
* FBT .JF 0501-19587.
            DR.212100-001.
(C/B+/Gnd/NC/180V/HT/NC/ABL/12V+/12V-)

Pemeriksaan dan perbaikan.
Pemeriksaan secara visual didapat :
C608: 2,2uf/250v.
C408: 100uf/25v.
C802: 22uf/160v.
langsung ganti dengan yang masih bagus, Problem awal yang pertama 
sudah teratasi. selanjutnya keproblem yang kedua diatas yakni gambar tipis ada garis -garis buku dan layar dominan merah.
sasaran berpindah lagi kepcb RGB CRT.
lalu periksa jalur KR dan benar ternyata Tr C24xx dalam keadaan short. Ganti semua Tr RGB dengan yang bagus. Sampai langkah ini problem yang kedua diatas juga langsung teratasi.

Semua problem sudah teratasi tinggal saatnya tes tv untuk meihat hasil gambarnya. Colokkan kabel power ke stop kontak 220v, mak!....Clep! ...tv distart lalu layar gambar sudah nyala kembali tapi kali ini warna merah sudah tidak mendominasi lagi. tapi bagai mana hasil gambarnya, kemudian colokkan kabel antena keposisinya mak...Clepp!,..
Lega perasaan gambar tv polytron L'SIDI ini sudah cliing kembali.

Alhamdulillah....kalau rejeki tak akan kemana.

Problem tv polytron lainnya baca pada 


6 comments:

  1. bos tv saya polytron l'sidi ps 52uv212 ada suara tidak ada gambar gelap,saya coba servise sendiri,saya solder bagian yang kelihatan pada retak,saya coba nyalakan kembali alhasil layar kebuka warna biru ada tulisan polytron,oke deh berhasil penyakit sembuh.kemudian saya tutup kembali cover belakangnya.kemudian saya test lagi menggunakan antena ditempat tv semula,,saya nyalakan zlep ada suara tidak ada gambar lagi wah masih error nih,,saya coba beberapa kali dinyalakan tetap gak ada perubahan,saya coba matikan power lewat remot tv,eh malah lampu standbye kedap kedip trus gak bisa dinyalakan kembali,,saya bongkar lagi tv nya dan saya solder kembali pin palyback sama RGB karena masih ada yang retak,,saya test kembali lampu standbye masih kedap kedip trus layar kebuka putih terang gak sampai full mati lagi begitu setrusnya berbarengan dengan lampu standbye kedap kedip,,,hahaha,,kaya lampu sen motor aja kanan kiri kedip berbarengan,,trus disekitar playback ada bunyi suara tik tik tik berbarengan dengan kedipan lampu standbye,,belum sempet saya periksa lagi karena saya keburu ngantuk berat,,penyakitnya apa ya bos saya udah pusing,maklum lagi belajar betulin tv sendiri,,mohon pencerahannya ya bos,,makasih

    ReplyDelete
  2. .... kl dicerna apa yg agan sampaikan kyknya sih masalah pd horisontalnya,..coba cek /cabut dulu Tr hor nya kaki 3 dekat flayback tv test lg msh bunyi cetak-cetik nggak? , kl bunyi hilang perlu dicurigai tr short atw jebol...ganti dg yg bagus.

    ReplyDelete
  3. Ma'af mz mau tanya srputar tv polytron U slim multi media gbr melebar dan melengkung sudah di obok" c sdh di ganti dioda demper n d801 jg t803 n c803 kok tetep gmn sulusinx mohon bantuanx

    ReplyDelete
  4. Mas tv polytron gbr melebar n melengkung semua kompn C dan D udah di gnti tp tetep aja mhn bantuanya trims

    ReplyDelete
  5. ...agus..melengkungnya kedalam atau keluar? ..kanan kiri atau atas bawah?...diperjelas.

    ReplyDelete