Thursday 30 July 2015

Problem vertikal tv panasonic Quintrix f


Tv panasonic quintrix f model TC 5188 MFB.seperti tampak pada gambar diatas, masih menggunakan komponen diantaranya:
* STR. W6654.
* Ic croma TDA 9381 ps/N2/..
* Ic vert. AN 5539.
* Ic hor. D2499.
* FB. G4GAM3F2.

PROBLEM AWAL:

(1)Problem pertama Tv distart bisa hidup, heater juga nyala tapi layar belum sempat hidup tv sudah mati lagi (protek) led berkedip-kedip.
(2)Yang kedua Setelah tv bisa hidup dan tidak protek lagi, layar gambar vertikalnya memanjang alias layar melebar atas bawah dan bergaris seperti buku pada sepertiga layar bagian atas, (lihat gambar diatas).
(3) Ketiga ada 3garis sebesar benang warnanya merah hijau biru tepat ditengah tengah layar melintang dari kiri kekanan.

SOLUSI:

(1) problem 1 teratasi dengan melumpuhkan protek jalur EHT lalu mengganti C 406/100uf/50v, C519/33uf/160v, C811/33uf/35v. yang ketiganya dalam keadaan kering.
(2) problem 2dan3 teratasi setelah Cek B+ input dan output ic vertikal alhasil dipastikan masih oke. 
Dan ganti elco pum up tapi layar bergaris masih tetap saja. Dilanjutkan setting V-Amp 50 pada mode servise nilai berubah yakni 44 turunkan ke 32. Lalu V-Amp60 33 turunkan ke 0. Keluar mode dan layar juga gambar tv sekarang sudah normal kembali.
Saatnya test tv agak lama sambil ditonton acaranya...setelah berjalan setengah hari atau sekitar kurang lebih 5 jam lamanya saya off antena cabut dari tempatnya.
E..e...iseng tv saya hidupkan lagi layar malah cuma putih dan disertai garis-garis blangking,...weleh..weleh...tenyata harus ubek jalur 180v lagi , benar banyak komponen sudah termakan usia. ganti C kedua duanya dan FR pada jalur ini akhirnya tuntas semua problem gambarpun sempuna lagi.

Faktor tv yang usianya sudah cukup lama bisa membuat gejala awal yang timbul terlihat mudah untuk diperbaiki ternyata cukup lumayan menguras waktu walau akhirnya kelar juga.
Alhamdulillah....kalau rejeki tak akan kemana.

Problem tv panasonic lainnya baca halaman lanjutan yang ini.

No comments:

Post a Comment