Sunday 22 November 2015

Tv panasonic Quintrix layar bagian atas bergaris.


Seperti tampak pada gambar diatas, problem tv ini jika dihidupkan atau distel gambar dan suaranya normal-normal saja, akan tetapi layar pada bagian atas terdapat garis-garis, layar yang  bergaris kurang lebih selebar 5-6 cm. sehingga gambar pada tv yang sebenarnya normal atasnya terpotong oleh garis-garis tadi.
sehingga kurang nyaman ditonton.
Dugaan problem awal yakni kerja rangkaian pada tv bagian vertikal tidak sempurna.
Langsung eksekusi buka cover bagian belakang tv lihat sekilas saja tv ini menggunakan sirkit AKB /IK, Dengan ic croma yang tidak asing lagi yakni TDA 9381...
IC ini titik protek utamanya pada pin 36 atau jika ingin melumpuhkan total bisa juga open resistor posisinya dekat ic ini dengan nilai 1k ohm 1/4 watt , yang jika ditelusuri berakhir dipin 36. jangan lupa solder kembali setelah masalah selesai.

Dilanjutkan menelusuri problem layar yang bergaris-garis tadi seperti biasa langsung ke area yang berhubungan dengan vertikal.
(1).Pertama ukur B+ 90volt, hasil terukur 95 volt, ini normal.
(2). Kemudian ukur teg. in-out IC vertikal 
terukur teg.in=24volt, dan teg.out=12 volt. ini oke juga.
(3).Defleksi vertikal juga masih oke.
(4).Chek elco pum up (terlihat masih baru bekas diganti).

Dari hasil pengukuran teg B+ 90 v juga in-out ic vertikal didapati normal-normal saja, maka bagian inputan inverting juga dianggap normal dan abaikan dari pengecekkan. Dilihat elco pum up juga masih baru....la kok masih bergaris layarnya.

Lalu chek dan ganti elco untuk pum up, disini mulai ada kejanggalan yakni elco tersebut masih terlihat baru alias belum lama bekas diganti (tv ini bekas servisan bengkel lain) tapi tetap saya ganti dengan yang baru 100uf/50v. 
Kemudian tv test sebentar melihat responnya dan ternyata garis-garis langsung lenyap. terusik rasa penasaran
elco bekas yang masih baru tadi ukur dengan ESR ternyata nilai melebihi 100uf, begitu diteliti tulisan pada body elco..weleh..weleh!!..ternyata tertera 220uf/50v. Pantasss...gemblung hasilnya lawong kegedean...hehe..
Tapi ya sudahlah yang penting sekarang tv layarnya tampak sudah normal lagi.

Tv sudah tak bergaris-garis lagi bagian atasnya....kata empunya tv nahhh...gini kan enak ditonton sekarang.

Masih banyak lagi problem-problem pada tv panasonic model lainnya baca saja halaman selanjutnya disini..

No comments:

Post a Comment