Saturday 16 April 2016

Tv polytron slim hidup sebentarmati lagi.


PROBLEM AWAL :
(1) . Jika tv dihidupkan beberapa detik mati lagi kestandby.
(2). Layar nyala sekilas seperti tampilan pada gambar diatas.

PENELUSURAN PROBLEM:
Untuk mengetahui terlebih dahulu bagian mana yang bermasalah vertikal atau horisontalnya, untuk itu langkah penelusuran problem yang digunakan yakni ;
(1). Cut atau lepas dahulu solderan pada ujung defleksi bagian horisontalnya lalu coba hidupkan tv sebentar, jika problem masih sama, sambung atau solder kembali seperti semula dan anggap bagian horisontal untuk sementara baik-baik saja.
(2). Kedua dengan melepas ic vertikal dari posisinya lalu coba test tv seperti diatas sebentar, lihat reaksinya apakah problem masih sama ataukah berubah problem yang ditampilkan menjadi ada garis mendatar saja.

Kenapa langkah sederhana ini perlu dilakukan?,  hal ini hanya bertujuan agar proses penanganan perbaikan tidak salah sasaran atau ubek-ubek sana dan sini pada bagian yang sebenarnya tidak bermasalah dan fital terhadap problem yang sedang terjadi.

Untuk sementara dengan langkah penelusuran diatas jika problem berubah seperti item kedua sudah dapat diketahui bagian mana yang bermasalah.

Pada tv yang sedang penulis tangani ini terjadi problem pada bagian vertikal. kejadiannya seperti item kedua (2), Sudah dipastikan bagian vertikal yang bermasalah, maka akan dilakukan pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut.

Adapun setelah dilanjutkan pemeriksaan problem vertikal  yang terjadi disebabkan karena:
* Kerusakan pada Ic vertikal.
* Kerusakan pada elco pendukung yang sudah kering atau aus.

SOLUSI:
Mengganti ic LA 78141 , elco 1uf/50v, 10uf/50v, 100uf/50v. 470uf/50v.
setelah penggantian komponen tersebut tv sudah bisa hidup kembali. 
Lanjutkan finishing: ukur B+ pada tiap titik sesuai kebutuhan, periksa parameter adjust, jika semua sudah kembali normal
tutup cover bekakang tv pasang kembali....dan selesai.

Alhamdulillah....akhirnya cepat kelar kerjaan hari ini.

problem lainnya baca halaman berikut ini..

No comments:

Post a Comment