Saturday 16 August 2014

Perbaikan mesin cuci polytron.


Mesin cuci polytron type PAW-7005 ini datang dengan keluhan
dari sang pemiliknya katanya hidupnya ngacak atau kalau bahasa yang saya gunakan programnya error, jadi tidak bisa nyuci sesuai tahapan yang seharusnya.

Tutup atas saya buka lalu saya angkat modulnya saya tes diluar (dimeja kerjaku) ya mudah-mudahan saja otak dari mesin ini masih waras, dalam pengetesan salah satu acuan  saya untuk mengetahui program berjalan baik atau tidaknya yaitu dengan memperhatikan led indikator yang ada pada modul tersebut.

Setelah saya tes dan amati ternyata memang ngacak. Wiuh..jangan-jangan bener software (progam)nya nih, 
Lanjutkan pengecekan pada tegangan dc 5v ternyata teg. tidak stabil.

Ada titik terang rupanya, ic regulator 7805  untuk penyetabil teg.5v ke vcc ic program saya angkat dan ganti dengan yang baru, setelah itu tes kembali dan sekarang sudah normal alias stabil.

Modulpun kemudian tes dengan terpasang pada mesinnya , alhasil program bisa berjalan sesuai tahapan yang seharusnya...mesin cuci satu tabung inipun kembali berfungsi seperti yang seharusnya...

Alhamdulillah...kalau rejeki memang tak kemana.

No comments:

Post a Comment