Tuesday 12 August 2014

Perbaikan tv Goldstar

Perbaikan tv goldstar type CA20A62.
Tv terbilang sudah sudah ketinggalan mode alias jadul , tapi masih terbilang banyak yang memilikinya.

Tv ini menggunakan ic croma TA8690AN dan programnya ic GS8334-09 C.  
Ic vertikal 8447.K.
Kerusakan awal tv ini tidak ada gambar alias layar polos dan blur agak kebiru-biruan, juga tidak ada suara.
Setelah pengecekkan dilakukan ternyata  resistor nilai 1ohm/1watt untuk suply 24v ic vertikal dalam keadaan putus.
Elco drive untuk jalur pum up juga saya ganti dan elco filter pada regulator 24v juga 9v sekalian, hal ini perlu di pahami karena jika tegangan 9v dan 24v untuk ic vertical tidak ada sudah otomatis bagian vertikal akan problem.
Setelah penggantian pemain yang ngos-ngosan tadi tv coba saya test dulu untuk melihat reaksinya, switch start saya pencet mak...klik! tv ada respon mak..ndhut! layarnya mak..byarr! 
antena saya colokkan keposisinya mak..clep! gambar sudah mau nongol tapi rupanya masih ngambek belum mau ngomong alias ada gambar tapi bisu. 
Weh-weh..ternyata perjuangan baru pertengahan jalan nih, lanjutkan ah..sambil nyruput kopi yang hampir dingin ,...jalur suarapun saya patroli langkah demi langkah tapi oke-oke saja sepertinya gak ada masalah sampai speakerpun saya cek juga bagus!.
weh-weh..apa lagi nih.
hemm...rupanya jari tanganku secara otomatis menggaruk-garuk kepalaku 
yang nggak gatel..hehehe..

Break sebentar saya buka buku catatan
Wih..wih..ternyata tv goldstar ini jika problem suara paling sering pada transistor Q06 yaitu C3198. posisi tepat didekat ic memory.
Setelah saya ganti tr.3198 tersebut ternyata benar, tv sudah tidak bisu lagi. Masih penasaran tv saya tes agak lama saya sembari browsing mampir keblog rekan-rekan seprofesi ternyata memang paling sering terjadi problem pada Q06 tadi.
Ya sudahlah..yang penting tv tua ini tidak jadi dijual kilo-an..hehe..
kata pemilik tvnya kalau dikiloin sayang karna gambarnya sudah bisa dilihat lagi
 dan masih cling-cling-cling! hehehe....

Alhamdulillah atas petunjukMu ya Alloh 
pekerjaanku jadi selesai.
Kalau sudah rejeki memang tak kemana.

2 comments: