Saturday 30 August 2014

Perbaikan tv polytron mx-6102I.

Tv polytron type mx-6102I ini menggunakan ic tunggal dari jenis keluarga HBT-00-04 G .
Kerusakan tv ini mengalami gagal start yakni jika power di on lalu start layar tidak mau nyala, hanya lampu standby saja yang nyala.

Saya amati dulu dengan teliti ...coba tv saya start ternyata lampu led bisa mati tanda ada respon, namun layar kok gak nongol-nongol, lihat heater juga tidak nyala ...agak lama saya biarkan led malah balik lagi ke standby.

Langsung buka tutup belakang untuk melihat tv yang mati gak ada gambar tadi, pelan-pelan saya bolak-balik mesin tv polytron memang benar gak ada gambarnya....weh..weh...nyumput dimana gambarnya ya,.....hehehe.... bercanda gan!,.. biar gak terlalu tegang.

Lanjut!..pertama  saya resolder dulu test kembali ternyata masih tetap sama seperti gejala awalnya.
dilanjutkan dengan memeriksa elco 1uf/50v lokasi ic vertikal dan filter 5v senilai 470uf/50v...saya ganti dengan yang baru saya hari ini lagi males mikir yang rumit-rumit, makanya ngalir saja menggunakan filling mengacu pada kejadian problem -problem kerusakan yang pernah saya tangani...atau kalau orang bilang berdasar "pengalaman",. tapi saya bukan orang yang dimaksud. tapi hanya tidak mengenal berhenti untuk terus belajar dan rajin mencatat problem yang telah dan dapat saya atasi untuk flashback nantinya...
Karena manusia adalah tempatnya lupa.
lho..lho..lho...ngganti elco kok malah cerita kemana-mana....hehehe...

Okelah..dilanjut!..setelah elco diatas saya ganti saya test tv lagi , kabel power saya colokkan ke teg. AC220v.  mak...clep!,......switch tekan mak...klik!,......mak..ndhut!,...disusul suara craak!....saya lihat heater sudah menyala layarpun sudah keluar dari sumputanya. hehe...
untuk melihat gambar sebentar saya masukkan kabel antena ketempatnya mak....clep!,...gambar sudah oke tapi agak sedikit redup. fillingku main lagi langsung cek resistor dan elco filter bagian ABL. juga capasitor jalur screen.
setelah diubek dan penggantian resistor juga capasitor gambar tv jadi normal kembali ...cling!...cling!...cling!...hehehe.

Alhamdulillah..........kalau sudah rejeki memang tak kemana.

No comments:

Post a Comment