Monday 1 September 2014

Perbaikan tv LG ultra slim.

    Tv LG ultra slim diantar oleh temanku yang kebetulan seprofesi, dibawa kemeja kerjaku hanya bagian mesin saja  yaitu seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:

    Untuk STR tv ini memakai W 6554.A  ic croma lv 76211  hor.ST 1510 fx. Dan ic vert.LA 78141.

  Kerusakan tv ini gejala awalnya yakni; jika dihidupkan lampu led standby nyala terang, ketika distart tombol (ch+) led bereaksi menjadi redup.
Ini menandakan ada respon,
akan tetapi sekian detik kembali lagi ke standby dan led pun nyala terang kembali,  wah..protek nih,....batinku.
    Pertandinganpun saya mulai gocek sana dan sini sambil mencari selah untuk memasukkan bola ke gawang...hehehe. sembari lihat bola ditv kebetulan tim favorit lagi maen.
... sebelum memeriksa komponen yang rusak pertama solder ulang dulu area yang dicurigai kendor atau pecah timahnya, lalu melumpuhkan dulu proteknya dan mesin tv dicoba lagi sekarang sudah nggak balik ke standby lagi,...tapi lagi-lagi layar belum mau hidup , heater juga belum nyala.
   
 Jika menemui kasus seperti ini memang tidak sedikit yang merasa pusing, juga ada yang gagal bayaran.

  cek sana dan sini komponen yang rusak saya masukkan ke tong sampah...hehe.
    E.ee..e..hampir lupa saya buat catatan apa yang saya masukkan ke tong sampah tadi?...ternyata sebuah ic horisontal (ST 1510 FX),capasitor pada hor. dan potongan kawat jumperan dari kaki tengah tr.Q16/c.5343.
dan penggantian komponen yang rusak.
  Sebelum melanjutkan pertandingan lagi tv saya tes dulu untuk melihat reaksinya dan colokkan pcb CRT ke tempatnya mak...clep!,
kop flayback pasang mak..krep!,
start ( ch+ ) mak..klik!,..seirama dengan redupnya led tv ada respon mak...ndhut!,...tapi kok filamen heater tidak nyala lagi.

Weleh-weleh... ternyata mak..Byarr! ku tertunda iki. hehehe..."ndhasku ora gatel kok yo tak kukur-kukur iki" ...tambahan bonus rupanya.
Lanjutkan..!! batinku, ... bonus nih..
..fillingku main lagi terpaksa periksa bagian horisontal out ternyata tidak ada teg.alias nol. setelah memeriksa dan mengganti yang rusak(C.405)selesai, sekarang saatnya tes lagi...nih,
Mak..Clep!..Klik!...Ndutt!..disusul suara mak..Craaak!,...terus mak...Byaaaarr!
Naaahhh...begini kan enak.

 Nggak tahu kenapa berhari-hari dibiarkan begitu saja setelah di pegang lagi akhirnya mak byaaarr juga , langsung hubungi temanku tadi saya sambil bilang; nasi kotaknya siap dikirim...e...e...salah ngomong lagi, apa karena waktu itu perutku lagi laper kale' buru-buru tak ralat , maaf..ini mas.. mesin tv nya sudah bisa diambil, sambungku........hehehe...

Alhamdulillah.......kalau sudah rejeki tak akan kemana.

9 comments:

  1. Kalau tvnlg pear black 29 matot solusinya gimana

    ReplyDelete
  2. Tv lg pear black motot mohon bantuan solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  3. ..kl problemnya matot tentunya yang diperiksa dulu bagian power suplynya...misal dr steaker , switch, dan reg pwr suply(STR)nya...pstikan dlu bekerja.

    ReplyDelete
  4. Mas lg 21 ultra slim layar cuma garis tengah saja padahal ic vertical sama elco" sdh saya ganti tapi masih tetap sama mohon bantuannya mas

    ReplyDelete
  5. ...chek dulu power ke IC vert apakah ada sesuai yg di butuhkan?,...biasanya sekitar 24 - 26 v.

    ReplyDelete
  6. Kalau persamaan transistor st 1510 fx apa gan?

    ReplyDelete
  7. gan ada persamaan nya ga c5343

    ReplyDelete
  8. ..ST 1510fx / sc5299/ D5207...

    ReplyDelete