Friday 12 September 2014

Perbaikan speaker aktive polytron.

Speaker aktive Power Blazer polytron model PAS 07I seperti yang terlihat pada gambar dibawah, speaker ini mengalami kerusakan yang pertama pada rangkaian input audionya.Perbaikan speaker aktive yang sering saya temui biasanya masalah pada penguat akhirnya seperti yang pernah saya ulas pada postingan sebelumnya di zenntronic:modifikasi speaker aktive.
Untuk speaker aktive pada postingan saya yang sebelumnya sebenarnya keusakan pada bagian ic penguat akhir tapi kemudian saya modifikasi karena permintaan sang empunya. 

Untuk kali ini speaker polytron yang sedang saya tangani kerusakannya berbeda juga komponen yang digunakan juga berbeda,  speaker aktive polytron  ini yakni bermasalah pada bagian inputnya yang tidak bisa berfungsi karena disebabkan jalur dari socket rca ada yang short. Dan permasalahan lain yang kedua kerusakan pada transistor finalnya yakni TIP 41C. yang mempunyai data sheet SI-N 100v 6A 65W 3MHz.
Setelah tr final dan jalur input selesai penggantian dan perbaikan, saatnya dites dan speaker aktive polytron hasilnya sudah normal kembali,...sekarang tinggal nunggu hasil yang lain...hehehe.
Alhamdulillah.......kalau sudah rejeki tak akan kemana.

No comments:

Post a Comment