Monday 8 September 2014

perbaikan tv polytron L'SiDi.

Pagi-pagi bangun dari tidur disambut kedatangan tamu yang membawa tv L SiDinya dengan type PS62UM70SB. keluhanya tv tidak bisa hidup.Sebelum tindakan lebih lanjut tv saya test dulu memang tidak mau hidup, kemudian saya lanjutkan membuka tutup belakang tv dan pemeriksaan mulai saya lakukan, pertama dari kabel power sampai ke power suply pada main board, dari sini tertangkap satu kerusakan yaitu pada swicth power on-off pada bagian body samping tv sebelah kiri dalam keadaan rusak. langsung saja saya ambil stock dan ganti dengan switch yang baru,setelah selesai tv saya coba dulu mudah-mudahan hanya ini saja permasalahanya tv ini tidak bisa hidup,..batinku.
Sambil berharap yang mudah-mudah saja,..hehehe...

Tv polytron L sidi ini kemudian saya tes...alhasil tv bisa hidup tetapi layar membuka dengan atas bawahnya tidak bisa full, wah..ini vertikalnya bermasalah, setelah ubek-ubek area vertikal dari voltage input,pum up,sampai out tidak luput juga defleksi sampai diperiksa,sebagian oke-oke saja,..aku rapopo..juve bilang,..hehehe..
yang lain sendiri pada teg.output dari ic vertikal yang seharusnya berbanding setengah dari input tidak bisa dipenuhi oleh ic vertikal 78141. Tidak mau berlama-lama terlena dalam area vertikal langsung ganti saja kebetulan stock dilaci juga masih cukup banyak.

Penggantian ic sudah kelar tinggal test tv kembali. Saya colokkan steaker ke stop kontak mak...clep!, switch ke on mak...klik, sentuh tombol trigger (p-) mak...ndhut!,..Craaak!. Layar hidup dan membuka full tidak menciut lagi.

Tv polytron Lsidi type PS62UM70SB ini sudah cantik lagi secantik yang terlihat pada acara saat itu,..hehehe....

Alhamdulillah.........kalau sudah rejeki memang tak akan kemana.

17 comments:

  1. gan minta code nomor ic verticak nya dong

    ReplyDelete
  2. klo cuma nyala lampu led nya aja gimana?

    ReplyDelete
  3. alqifria...kl blum distart( P+ / P-) baik melalui tombol panel depan maupun dg remot itu jg bs jadi, tp kl sudah masih gk bs jg itu mslh mati standby,..ada mslh pada blok horisontalnya.

    ReplyDelete
  4. Pak, tv Polytron lsidi saya type ps 52um70sm udah berkali-kali rusak (mati), sering service tapi nanti kembali rusak lagi. Biasanya pasca lampu mati dihidupkan lagi gak bisa. Ada solusi supaya gak gini terus?

    ReplyDelete
  5. coba kl servise lg ...minta ganti komponen yg bagus (bukan baru).

    ReplyDelete
  6. minta pencerhan ya awal tv garis vrtikal.stlah aku ganti tv sembuh tapi tmbul masalah warna kurang hijau dan biru.cendrung glap kurang trang.apa yng harus di cek la trmaksih.tv lsidi politron

    ReplyDelete
  7. Mang dede...udh cek teg heater sesuai yg dibutuhkan?,...cek juga RGB,...mslh seperti itu jg bs disebabkn mengganti elco dg kualitas yg kurang bagus.

    ReplyDelete
  8. Tgangna haeter idealya brapa? Thks.broh

    ReplyDelete
  9. beda type beda tipis lah....umumnya teg heater pada titik filament tidak lebih dari 6volt...jk lebih akan mengakibatkan filament putus atau rusak.

    ReplyDelete
  10. Mohon pencerahan tivi polytron L'SIDI. Layar separuh ke atas hitam, separuh ke bawah ada gambarnya. Apa yg Rsk y gan.. Trus apa yg musti di ganti? Tx. Gan

    ReplyDelete
  11. Pak saya minta kode playbek nya buat tivi polytron lsidi type ps52uv73b kalo ada tolong kabarin yah

    ReplyDelete
  12. Imah M.... coba samakan pin nya FBT ini Jf 0501-19587. pin:( Col, B+, Gnd, Nc, 180v, Htr, Nc, ABL, 12+, 12- ).
    lihat dan samakan di Chasis bekas Fbt yang dilepas,..... smoga sama.

    ReplyDelete
  13. Pak saya mau minta tolong nih , saya beli tivi merk polytron LSIDI 21 in slim
    Beli di tukang rongsok (gerobak) pas saya buka eh kagak ada playbek nya
    Kalo kagak keberatan saya minta kode playbek nya dong pak , type nya polytron LSIDI 21 ps52uv73b

    Saya tunggu jawabanya , terima kasih ya pak sebelumnya

    ReplyDelete
  14. D.G.... coba pakai jf 0501-19587.

    ReplyDelete
  15. coba ke flyback polytron yang lama

    ReplyDelete