Tuesday 9 September 2014

Cara memasang mesin tv cina pada tabung tv 20 inch.

Secara garis besarnya semua mesin tv CRT atau tabung, sitim kerjanya sama , ada bagian power suply, bagian horisontal, vertikal, flay back, dan lainnya. Yang membedakan type ic program atau type-type komponen yang digunakan sesuai kebutuhanya. 

Mengganti dengan mesin cina sebenarnya bagi saya adalah langkah terakhir  jika mesin aslinya tidak bisa dipertahankan karena beberapa faktor diantaranya kerusakan chasis yang parah, ketiadaan suku cadang dan alternatif penggantinya dan faktor lain yang memaksa. Yang akan saya bahas ini saya ambil contoh dari mesin tv yang bermerk W Com, untuk tv crt 14 sampai 21 inch.

Kalau beli mesin seperti diatas biasanya disertakan; intruksi manualnya atau panduan pemasangannya, socket antena, rca AV, kabel defleksi yoke, dan remot control.
 Untuk panduanya hanya tersaji dalam bahasa inggris saja. Mungkin bagi yang kerepotan dengan bahasanya , memakai cara dibawah ini juga bisa dalam bahasa yang kita kenal sehari-hari.
setelah pemasangan dipastikan dengan benar untuk instalasi power suplay dan yang lainnya, juga yang perlu hati-hati dalam pemasangan kabel kedefleksi yoke. pasang socket ketempatnya disitu biasanya hanya ada 3 buah kabel ,pisahkan kabel nomer 1dan 2  lalu pasang ke defleksi yoke pada terminal bagian dalam. Kemudian sisanya tinggal satu lagi yang nomer 3, pasang ke defleksi yoke bagian luar. Setelah ketiganya terpasang ambil satu lagi kabel warna merah yang ujungnya terdapat socket yang nanti akan dipasang ke pin cushion pilihan lebar yang terletak dekat flayback untuk pilihan kelebaran gambar kanan kiri. Atau mudahnya kabel 1dan2 pasang kebagian dalam. Kabel 3dan4 kebagian luar atau jika kita dibelakangi tv maka terminal yang terdekat kekita anggap itu bagian luar.
Jika gambar pada layar terbalik tukar kabel sesuai pasangannya, misal 1dan2 tukar posisi, atau bisa juga kabel 3dan4 yang tukar posisi. Jangan sampai tertukar lain pasangan vertikal dan horisontal. Pemasangan yang tidak benar bisa mengakibatkan ic vertikal rusak atau jebol.

Untuk lebar gambar jika pilihan sudah maksimal tapi gambar masih kurang lebar sekitar 1-2 cm saja.coba masuk servise mode atur H size. Jika pengaturan sudah maksimal tapi masih kurang lebar juga. Ada alternatif yang pertama paralel capasitor pada colektor tr.horisontal naikkan sedikit demi sedikit tapi dengan cara pertama ini membuat teg heater turun dan tr horisontal cepat panas berdasarkan yang saya alami sendiri.
atau cara yang kedua dengan melilitkan kabel defleksi yang warna merah ke ferit flayback. Coba beberapa lilit dulu jika arah benar maka akan bertambah lebar jika arah kebalik maka akan sebaliknya. Sesuaikan jumlah lilitan menurut kebutuhan.
(1) Masuk service mode:
Atur waktu timer ke 30 detik. Atur volume tv ke 0 lalu tekan dan tahan vol- ditv, dengan disusul menekan tombol display sekali diremot.
Setelah masuk servise mode sebaiknya sebelum merubah nilai catat dulu data awal sebelum perubahan untuk arsip.
Posting sekian dulu..

Mesin tv saya pasang pada tabung yang ngganggur tidak ada mesinnya yang ditawari oleh tetangga satu blok. Setelah tv kembali bisa distel tv pun ada yang melamar dengan mas kawin Rp.350.000, dibayar tunai,....hehehe...
Nggak  apa-apalah sama kawan , biar barang juga tidak numpuk yang bisa dilipat ya dilipat saja.
 Alhamdulillah...........kalau rejeki tak kemana.

12 comments:

  1. Kren ...
    Kalau boleh tau harga mesinya brapa ya mas..?

    ReplyDelete
  2. Di kota terdekatku hrg 2-3ratusan rb.

    ReplyDelete
  3. Sip Mas, Klo mesin cina untuk TV Slim itu bisa dimodif gk mas..

    ReplyDelete
  4. Ms putz , mesin tv yg u/slim kan udah ada lengkap sirkit EW nya kn tinggal psg, tp kl mau uji coba sah2 saja...hehe...repot ms,

    ReplyDelete
  5. Siang mas aku punya tv cina merek nagoya(digital vasion) 14 inci rusak lampu powernya nyala tapi layarnya mati.minta solusinya bos

    ReplyDelete
  6. ..coba check power suplynya dulu... kl layar blm nyala kemungkinan bag horisontalnya belum hidup..

    ReplyDelete
  7. Mas, tadi sy pasang mesin tv china, awal2 hidup semua normal, selang 15menit, gambar jadi putih kelihatan garis blanking, suara normal, klu OSD di tampilkan, gambar kembali normal, begitu OSD hilang, gambar kembali berulah, klu bgtu salahnya apa ya?
    Tambahan : setelan brightness dan contrast tidak ada pengaruhnya. Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  8. coba dicheck dulu teg u/video biasanya 180an volt..normal atau nggak?.

    ReplyDelete
  9. Mas, kl remote control hilang , gimana cara setting remote control tv yg saya sendiri gak tau merk tv saya, krn mesin tv sudah ganti. beli remote universal gak mau. thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  10. ...coba dulu ikuti cara ini.. hidupkan tv dulu lalu arahkan remot ketv anda sambil pencet /tekan tombol SET (S) dengan cara tekan dan tahan sekitar 5detik sampai lampu led menyala...lampu led akan kedip-kedip tanda sedang scann.... arahkan terus remot ketv dan amati layar pada tv sampai muncul tulisan Volume....jika sudah muncul tulisan volume tekan kembali tombol SET...setting otomatis selesai.

    ReplyDelete
  11. *tv ON
    * arahkan remot ke tv
    tekan tahan 5 detik sampai led nyala.
    * jk led sdh menyala lepas tombol led berkedip (sedang scann).
    * tunggu tulisan Volume muncul pada layar.
    * jk tulisan sdh muncul tekan SET sekali lagi.
    ....selesai...

    ReplyDelete
  12. makasih pak, gak ada menu setting , jadi harus beli bawanya .

    ReplyDelete