Monday 20 October 2014

Perbaikan mini generator tidak keluar tegangan.


Generator model SPG 1500 ini menggunakan motor dinamo berdaya 3.0 HP. bekerja pada frekwensi 50HZ. Dan max.AC outputnya 0.8KVA.
Kerusakan genset mini ini yaitu mesin masih bisa hidup tapi tegangan pada output AC socket tidak keluar.

Buka panel control bagian depan pengecekan langsung menuju capasitor disitu tertera 16uf  5% .350v AC. dan terlihat fisiknya agak menggelembung, lalu saya lepas dan carikan gantinya dengan yang baru sekaligus pemasangannya.
Selesai penggantian capasitor langsung generator saya coba dulu dan ternyata weh...weh...keadaannya masih sama dengan gejala awal alias belum mengeluarkan voltage pada AC socket outputnya. Amper meter 
controlnyapun jarumnya juga belum bergerak dari posisinya, 


Kemudian pengecekkan dilanjutkan pada bagian spull yang dililit pada rotornya, dibagian dalam yang terdapat 4 buah dioda, disini dioda dalam keadaan oke-oke saja,ternyata setelah diteliti ujung kawat email yang menyambung kedioda terputus. Lalu kawat email saya bersihkan untuk disambung kembali, tapi setelah membersihkan kawat email dengan cara saya kerik lapisan luarnya, ternyata emailnya memakai alumunium jadi penyambungannya lebih berhati-hati karena mudah putus juga lebih sulit menyatu bila disolder pakai timah.

Tapi berkat kesabaran dan ketelatenan akhirnya kelar juga kerjaanku.
Saatnya test kembali...dan sekarang mini generator itu sudah berfungsi normal lagi.

Alhamdulillah......kalau sudah rejeki tak akan kemana.

13 comments:

  1. Bisa di bantu kah pak, saya memiliki genset Firman 1100 VA, selama ini menyala normal. Tiba mati lampu. Genset masih nyala tetapi tidak mengeluarkan strom. mohon bantuanya makasih

    ReplyDelete
  2. ...Mift...coba ceck dioda /rectyfiernya ada dirotor bagian dalam, mudah2an membantu.

    ReplyDelete
  3. Mesin saya tdk mengeluarkan arus. Tp mesin hidup..... merk firman

    ReplyDelete
  4. Mesin saya tdk mengeluarkan arus. Tp mesin hidup..... merk firman

    ReplyDelete
  5. Rose D.. jwban sama dengan yg diatas..

    ReplyDelete
  6. Mesin sy disaat gas tinggi cuma mencapai 100Volt..
    Mohon solusi y pak..

    ReplyDelete
  7. ...ukur dan pastikan dulu menggunakan alat ukur yg berbeda.. apakah benar teg output hanya 100volt?, ...kl benar dimungkinkan;
    * rpm belum tercapai.
    * rangkaian rectifier rusak.

    ReplyDelete
  8. Mas..kalau bagian lilitan statornya agak terkelupas dan agak sedikit hitam..apakan masih mengeluarkan tegangan..tolong berikan komentar y mas..thanks..

    ReplyDelete
  9. ..dari tanda jika kawat email /lilitan sudah hangus dan terkelupas maka bisa terjadi short, resistansinya juga berubah, apabila masih dapat mengeluarkan teg. hasilnya tidak normal.
    sebaiknya ganti lilitannya.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. Genset saya mikawa mk 2500
    Kapasitornya rusak lalu saya ganti kare yg lama sdh tdk terlihat berapa spek nya saya pake yg 24mf
    Setelah saya pasang dansay hidupkan cuma kira2 satu menit matilagi/tidak ada lagi tegangan nya
    Mohon pencerahan nya pak

    ReplyDelete