Wednesday 22 October 2014

Perbaikan tv sharp sering mati sendiri.

Tv sharp layar datar type 21PXF500 atau sejenisnya yang power suply-nya menggunakan IC STR W6754, sering mengalami kerusakan tiba-tiba mati sendiri, dari banyaknya pasien yang saya tangani problem tv tiba-tiba mati sendiri seperti ini,seolah-olah menjadi problem yang umum pada tv model ini terutama yang menggunakan str seperti disebutkan diatas.

Kerusakan tv yang kadang mati sendiri seperti yang disebutkan, salah satunya karena ketidak normalan dari ic str itu sendiri atau dari komponen-komponen pendukungnya, misal terjadi kerusakan pada komponen pendukung IC str w6754. antara lain dua buah elco C706=22uf/35v. dan C709=1uf/25v.
Kemudian yang lainnya dekat ic memori yakni C1003. juga pada C462=47uf/25v.ini juga sering saya temui kerusakan pada komponen tersebut.

Pada tv sharp yang sedang saya tangani ini, kebetulan tidak sampai mengganti ic str melainkan hanya mengganti komponen pendukungnya tv sharp tersebut sudah bisa normal kembali.
Tapi pada tv sejenis yang pernah saya tangani dalam kerusakan yang sama tidak jarang pula mengganti ic str w6754.
Untuk tv yang saya tangani ini, mungkin saya lagi beruntung karena tidak harus mengganti ic str.tv sudah bisa normal dan tidak mati-mati dengan sendirinya lagi.
Alhamdulillah......kalau sudah rejeki tak akan kemana.

Untuk problem tv sharp serupa bisa dilihatDISINI.



6 comments:

  1. Apa IC STR W6754 diganti semua ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya,..
      Untuk ic str jika tdk rusak ya gk perlu diganti, yg hrs yg membuat kerja ic jadi gk normal.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Pagi pak, cara mengetahui STR mati atau Fbt rusak gimana? Sebab tv saya great alexander 29" tiba2 mati sendiri tapi power indikator masih hijau dan bunyi mendenging. Minta tolong cara perbaikinya ?

    ReplyDelete
  3. ..kl led indikator masih hijau kemungkinan STR belum mati/rusak, periksa komponen pendukungnya dulu.
    ... sdgkan kl FBT rusak sdh pasti tv tidak bisa hidup lagi/ layar mati.

    ReplyDelete