Sunday 21 December 2014

Cara Perbaiki tv LG ultra slim layar gelap.


Problem tv diatas ada suara tapi layar gelap-gelap saja.
Lagi rame jenis slim berdatangan nih baik type LG atau yang lainnya, masih sama model nya dengan yang saya posting sebelum ini yakni LG 21SL1RD.
Namun masalah atau problemnya kali ini tv ini jika dihidupkan ada suaranya tapi layar gelap-gelap saja.
"Tv nek wis rusak ngene iki yo regone turun drastis to, lawong ora iso metu gambare sing diarah apane" he..he..he..
guyooon.

Langsung pada bahasan problemnya tv model diatas, dimulailah penelusuran mencari sibiang yang mengakibatkan layar jadi gelap tadi. Setelah buka tutup belakang tv hidupkan tv untuk mengamati filamen heater nyala atau tidak, ternyata nyala nah.. berarti flayback sudah kerja nih, cek bagian ABL normal , tegangan G2 G1 juga oke-oke saja. dilanjutkan cek teg sreen dipcb CRT ada teg 185v bagus juga. la terus apanya kok layar masih gelap. Abl normal, G2-G1 oke, teg screen keluar , teg 185v-nya juga bagus.....opone sing kurang sajen ki....batinku.
Weh....apa butuh ketelitian tingkat 2 nih.

Break bentar barang semenit dua menit ambil sajen dulu dibelakang, e.. ternyata sudah disiapin dibelakang tinggal ambil saja dan masih panassss! ...hehe...kopi gan!.
Mata dah melek terang lagi dan pikiran siap tempur lagi. 
Rasa penasaran saya cek dari awal lagi
seperti diatas tadi, kalau- kalau ada yang kelewat dalam pengecekkan pertama tadi sebelum kebablasan melangkah lebih jauh lagi.
E..ee..e....ternyata benar!, benar kurang sajen tadi setelah nyruput kopi dulu sruuuup!!....akh.....ploooong!.
Pada saat pengecekkan teg screen tadi cuma dititik solder pada ujung kabel screen yang dari FBT, tidak sampai dititik pada pin socket CRT nya.
Pada pcb crt model tv ini memakai jumperan kawat tapi pada titik pcb solderan juga masih bagus dan sudah saya resolder. tapi ketika pcb saya lepas dari leher tabung CRT dan saya balik ternyata jumperan tadi ujungnya korosi dan sudah putus tuss! rupanya. Ganti jumperan lalu tv saya tes lagi dan mak...byaaarr!.

Alhamdulillah....tv sekarang jadi berharga lagi,...dan empunya tv senang akupun ikut senang,...kalau sudah rejeki tak akan kemana.

Kerusakan tv LG yang lain buka halaman ini

No comments:

Post a Comment