Sunday 28 December 2014

Problem tv Sanyo dinamika 20" mati standby.


Problem tv ini jika dihidupkan hanya lampu led merah saja yang hidup, dan tidak bisa distar baik dari tombol panel depan atau dengan menggunakan remot controlnya alias dipencet-pencet tombol startnya tv diam saja tidak ada respon.

Tv ini menggunakan komponen diantaranta; tr reg C4429, vertikal LA78040N,  hor D2634, dan FBT L40B09001 dengan pin ( Col, B+125v, nc, Afc, Gnd, H, nc, nc, 180v.)

Pengecekan dimulai dari bagian reg power suplynya , secara visual sudah menunjukkan adanya ketidakberesan pada filter-filter B+ nya, langsung penggantian elco-elconya dulu dan open yang kebeban yang ikut dicurigai kerusakannya, lalu test B+125v sudah normal lagi dilanjutkan dengan menyambung beban kembali satu persatu sampai beban yang diopen tadi sampai tersambung semua kembali .

Proses open-close beban sudah dapat mempersempit area pengecekan dengan diketahuinya bagian yang bermasalah, horisontal sudah bekerja, tapi pada bagian vertikal masih bermasalah. langsung saja ubek bagian vertikal dan sirkit proteknya kemudian setelah selesai tv saya test kembali ternyata tv sudah bisa hidup dan tidak standby lagi. Raster langsung nongol lagi, lalu coba colokkan kabel antena ketempatnya mak...Clep! ...
dan gambar tvpun kembali muncul Cling!..cliing!...Cling!!.....hehehe....

Alhamndulillah....masih diberi kelancaran hari ini,...kalau rejeki memang tak kemana.

No comments:

Post a Comment