Tuesday 21 April 2015

Cara menghilangkan suara Dug! Saat pindah channel pada mesin tv china.

Pada tv yang chasisnya telah diganti dengan mesin cina yang ada  dipasaran ada problem bunyi suara dug! pada speakernya ketika tv dipindah channel siaran.
Bunyi ini memang cukup mengganggu bagi yang sedang menonton acara  pada tv tersebut.
Suara dug! inipun tidak akan hilang begitu saja jika yang  melakukan pemasangan hanya dipasang apa adanya tanpa berusaha untuk menghilangkannya.
Disini saya punya trik atau cara tersendiri untuk mengatasi masalah ini.

Apa saja yang perlu dirubah atau diperbaiki?, dalam mengatasi  problem ini saya tidak merubah rangkaian yang sudah ada hanya memperbaiki kwalitas komponen bawaan dengan menggantinya, masih penasaran?, Okelah disini akan saya uraikan dan mungkin cukup bertele-tele karena sampai trik ini saya bagikan sebelumnya saya telah melakukan banyak ujicoba-ujicoba pada chasis mesin cina yang kebetulan saya temui saat perbaikan.

Tidak sia-sia serangkaian ujicoba saya itupun alhamdulillah dapat membuahkan hasil diantaranya;
* Menghilangkan suara dug! pada
   speaker ketika channel dipindah.
* Mengurangi panas yang berlebih
   pada headsink.
* Sehingga membuat lebih tahan
   lama.
* dll.

Awal cerita punya niat ujicoba adalah karena atas permintaan dari salah satu pemilik tv yang mesinnya telah diganti dengan mesin tv cina  (bukan ori), entah apa alasanya sayapun tidak mengetahuinya, yang saya tahu tv sudah demikian keadaannya.
sang pemilik tv menanyakan kepada saya, mas... bisa nggak ya suara dug saat chanel dipindah itu dihilangin?,...suara ini timbul setelah tv diganti mesinnya, "katanya".
Sayapun saat itu belum berani memberikan jawaban pasti "bisa pak", karena rata-rata memang begitu untuk mesin cina yang terjual dipasaran.
Dan awalnya saya juga belum begitu yakin akan berhasil
lalu sayapun jawab dengan kalimat  "ya nanti saya coba usahakan".
begitu awal mula timbul niat otak-atik problem dengan suara diatas tadi, dan alhamdulillah ada hasil dan manfaatnya terutama bagi penulis pribadi.

Mungkin perlu diketahui juga sebenarnya chasis mesin cina yang terjual dipasaran umumnya design-nya sudah cukup bagus, namun mungkin untuk menjangkau harga yang terbilang murah maka ada kwalitas dari komponen yang mungkin dikurangi. jadi ada kemungkinan dengan diturunkannya segi kwalitas komponen tadi salah satunya menyebabkan problem suara dug! seperti dibahas diatas.
Sebagai tukang repaire sebenarnya kita bisa mengolah atau meningkatkan sedikit kwalitas komponennya dengan mengganti komponen yang lebih bagus kwalitasnya, dan sudah barang tentu memperhatikan nilai dan karakteristiknya, serta sedikit tambahan biaya.
Tak apalah kalau ini bisa mengatasi masalah juga membuat lebih awet dan tahan lama.

Adapun cara atau trik saya untuk menghilangkan suara dug! pada speaker saat pindah channel adalah sebagai berikut;
* Adjust B+ sesuai kebutuhan.
* Ganti elco filter pada titik-titik B+  
   dengan kwalitas yang bagus,
   untuk menjaga kestabilan pada
   masing-masing teg yang
   dibutuhkan.
* Mengganti ic vert dengan kwalitas
   yang bagus.     
* menjaga kestabilan pada titik
   regulator B+ ic sound.

Cukup sederhana kan?...tapi cara ini membantu mengatasi suara dug! pada speaker tadi, yang sebenarnya tidak diinginkan oleh pendengaran kita sehingga dapat mengganggu kenyamanan saat menonton tv.

Postingan sekian dulu mudah-mudahan ada manfaat buat pembaca yang mampir diblog saya ini, dan terima kasih atas kunjungannya.

No comments:

Post a Comment