Monday 20 April 2015

Servise tv Digitec bunyi Cit-cit.


Gejala kerusakan tv digitec ini jika dihidupkan hanya bunyi cit cit cit..terus menerus dari area power regulator nya.
Dari gejala kerusakan dugaan sementara ada beban berat yang membuat ic power regulator on dan off terus.
Tv ini menggunakan komponen diantaranya;
* Ic jungle 8823 CPNG.
* Ic vert. LA 78040.
* Tr hor. D2499.(diganti eks teknisi).
* Ic power reg. STR F6654.
* FBT 6174V-6002U.

Cover belakang buka lalu diawali pembersihan main board agar supaya terlihat bersih dan mudah pembacaan code pada komponen atau tulisan yang ada pada main boardnya, lalu cek menyeluruh secara visual kalau-kalau ada tanda ketidakberesan secara fisik.
Semua komponen terlihat masih mulus tidak ada tanda-tanda terlihat kerusakan secara fisik.

Bermodal gejala awal tadi langsung saja open beban yang ke HV. dan tv coba lagi untuk melihat reaksinya, ternyata memang benar Tr hor mengalami short. 
Nggak pakai lama langsung sedot, angkat, dan biar awet dan tahan lama ganti dengan yang  bagus. Perlu diingat bagus belum tentu baru dan baru juga belum tentu bagus, yang dimaksud diatas adalah bagus kualitasnya agar awet dan tahan lama. Soal harga memang sedikit lebih mahal tapi tidak mengecewakan kok.

Kembali kemasalah tadi tr hor sudah diganti saatnya coba lagi tapi kasih beban manipulasi dulu menggunakan boklam 100w juga bisa atau dengan trik-trik lainnya untuk mengantisipasi Tr horisontal jebol lagi jika FBT nya juga mengalami kerusakan atau short.
Tes lagi lampu pun menyala redup memberi indikasi bahwa fbt baik-baik saja.
Kerusakan tr hor juga salah satunya bisa disebabkan Upper drive dan Under drive, masalah ini timbul karena penggantian tr hor yang tidak sama nilai-nilainya.
sebagai contoh mengganti dengan amper yang lebih besar atau lebih jecil.
Ini bisa dimaklumi jika kesulitan mencari pengganti komponen dengan code yang sama, solusinya bisa menggunakan nilai karakteristiknya yang paling mendekati.

Tr hor selesai penggantiannya, saatnya tes tv dengan beban full yang sesungguhnya....Colokkan kabel power ke jala-jala PLN 220v, ketika saklar dihidupkan lampu led menyala dan bunyi cit-cit pun lenyap. 
lanjutkan tekan CH+ terdengarlah suara yang ditunggu-tunggu mak...Craaakk!,..disusul layar membuka mak...byaaarrr!...antena pasang clep!...gambar sudah nongol normal lagi.
 Alhamdulillah....cepat kelar nih kerjaan.
kalau sudah rejeki tak akan kemana.

Masih problem seputar tv digitec buka saja pada hal yang ini..


No comments:

Post a Comment